Akuisisi Red Hat oleh IBM: Terbesar dalam Sejarah Perusahaan Software

Kompas.com - 29/10/2018, 11:16 WIB
Ilustrasi akuisisi Red Hat oleh IBM. IstimewaIlustrasi akuisisi Red Hat oleh IBM.

KOMPAS.com - IBM baru saja membeli perusahaan 'open-source' Linux, Red Hat, sebesar 34 miliar dolar AS (sekitar 517 triliun). Akuisisi tersebut diklaim sebagai akuisisi terbesar perusahaan dalam bidang akuisisi perangkat lunak di dunia, mengalahkan Microsoft.

IBM diketahui berada di posisi paling atas dalam hal akuisisi perusahaan software, dengan nilai valuasi 34 miliar dolar AS. Perusahaan yang dibangun pada 1911 itu mengungguli rekor yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Sebelumnya, Microsoft mengakuisisi sosial media untuk para pekerja profesional, LinkedIn, pada 2016 dengan total valuasi senilai 26,2 miliar dolar AS (Rp 398 triliun).

Di bawah Microsoft, ada Facebook yang mengakuisisi platform chat populer, WhatsApp, sebesar 22 miliar dolar AS (Rp 334 triliun) pada tahun 2014.

Baca juga: IBM Sepakat Beli Pembuat Linux Rp 517 Triliun

Meskipun angka akuisisi perusahaan komputer besar itu bukan merupakan yang terbesar di dunia teknologi, mereka mampu menempatkan diri di posisi ke-tiga dalam daftar akuisisi di dunia perusahaan teknologi.

Sebagai perbandingan, dalam akuisisi di dunia perusahaan teknologi, posisi paling atas diduduki oleh pabrikan Dell yang membeli data storage EMC sebesar 67 miliar dollar AS (1.019 triliun) pada Oktober 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya ada Avago Technologies yang membeli perusahaan semikonduktor, Broadcom, sebesar 37 miliar dollar AS (562 triliun) pada tahun yang sama bulan Februari, selisih 3 miliar dolar AS dari IBM yang berada di bawahnya.

Kendati bukan akuisisi teknologi terbesar, transaksi ini merupakan bukti bahwa usaha perangkat lunak, yang tidak memiliki biaya produksi seperti halnya usaha produksi fisik pabrikan, dipercaya dapat membuat pergerakan bisnis yang signifikan yang menghasilkan pundi-pundi uang yang terus mengalir, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin, (29/10/2018). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.