Android Q Hapus Tombol "Back"?

Kompas.com - 19/02/2019, 19:25 WIB
Ilustrasi tombol kapsul dan back di Android 9 Pie9to5Google Ilustrasi tombol kapsul dan back di Android 9 Pie

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google memperkenalkan gestur navigasi virtual berbentuk kapsul di Android 9 Pie. Mekanisme ini lantas menghilangkan tombol perintah "recent apps", tetapi masih mempertahankan tombol "back".

Namun, baru-baru ini beredar informasi bahwa tombol back pun bakal disetop pada gestur navigasi virtual di Android 10 dengan kode nama "Q". Hal ini diketahui dari serangkaian uji coba yang dilakukan situs oprek ponsel, XDA.

Berdasarkan pengujian tersebut, fungsi tombol back bisa diganti dengan menggeser kapsul navigasi ke kiri, serupa dengan menggeser kapsul navigasi ke kanan untuk menampilkan recent apps, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (19/2/2019).

Selain mengganti tombol back dengan gestur, XDA juga sesumbar Google bakal meningkatkan pengalaman pengguna menjajal navigasi gestur secara keseluruhan di Android Q. Pemrosesan animasi ketika pengguna menggeser kapsul ke kiri dan kanan akan lebih halus.

Baca juga: Xiaomi Pastikan Pocophone F1 Dapat Update Android Q

Perlu dicatat, sistem navigasi ponsel dengan gestur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum bisa dipastikan apakah mekanisme ini yang nantinya bakal dihadirkan pada Android Q versi final. 

Jika nantinya terealisasi, maka pengguna agaknya harus terbiasa dengan navigasi gestur dengan tombol virtual berbentuk kapsul.

Lebih jelasnya, silakan simak video XDA yang menguji coba dua ponsel dengan sistem operasi Android Pie dan Android Q pada video berikut ini.



Close Ads X