Teknologi Gimbal Kamera Vivo X50 Pro di Mata Pengulas Gadget

Kompas.com - 22/07/2020, 14:00 WIB
Vivo X50 Pro varian warna Alpha Grey Vivo IndonesiaVivo X50 Pro varian warna Alpha Grey

KOMPAS.com - Vivo X50 series resmi dirilis di Indonesia pekan lalu. Dalam acara peluncurannya, Vivo turut memperkenalkan Gimbal Stabilization yang hadir perdana di X50 Pro.

Teknologi ini merupakan peredam goyangan (stabilizer) untuk menstabilkan gambar, baik saat merekam video maupun menjepret foto.

Gimbal Stabilization mulanya diperkenalkan Vivo di ponsel prototipe APEX 2020. Kemudian, Vivo berhasil membuat teknologi itu dalam modul yang lebih kecil dan ringkas, sehingga dapat disematkan di X50 Pro. 

Vivo merupakan vendor pertama yang membawa teknologi Gimbal Stabilization ke smartphone. Inovasi ini pun menarik perhatian kalangan pengulas gadget, termasuk tech reviewer internasional. Mereka mengemukakan pendapatnya lewat video masing-masing.

Baca juga: Melihat Cara Kerja Teknologi Gimbal di Kamera Vivo X50 Pro

"Rasanya seperti memulai tren baru yang akan menjadi benefit bagi semua smartphone," komentar Arun Maini, YouTuber kanal Mrwhosetheboss, dalam video unboxing X50 Pro miliknya.

Opini senada turut diungkapkan Lewis Hilseteger dari kanal YouTuber Unbox Therapy yang menyukai adanya inovasi gimbal di Vivo X50 Pro. "Saya ingin melihat ini (Gimbal Stabilization X50 Pro) di lebih banyak smartphone," ujar Hilsenteger dalam videonya.

Gimbal Stabilization di Vivo X50 Pro dipadukan dengan kamera utama beresolusi 48 megapiksel (f/1.6). Lensa kamera tersebut ditopang struktur double-ball yang memungkinkan kamera berputar ke segala arah dengan sudut pandang lebih kurang 3 derajat.

Teknologi gimbal kamera di Vivo X50 ProVivo Indonesia Teknologi gimbal kamera di Vivo X50 Pro
Angka itu disebut lebih besar tiga kali lipat dibanding Optical Image Stabilization (OIS), sehingga bisa lebih efektif meredam goyangan. Vivo menjuluki kamera utama ini sebagai "big eye camera" karena bisa bergerak ke berbagai arah seperti bola mata.

"Fitur itu adalah level teknologi baru yang belum pernah saya lihat sebelumnya," kata pengulas gadget Jon Rettinger dalam video barunya soal X50 series yang berjudul The Real Photographer's Phone.

Baca juga: Ini Beda Teknologi Gimbal di Vivo X50 Pro dengan OIS di Ponsel Lain

Sementara itu, Karl Conrad menyebut Gimbal Stabilization X50 Pro sebagai "stabilisator terbaik yang pernah ada di smartphone hingga saat ini" dalam videonya.

Para pengulas gadget sepakat bahwa desain X50 Pro tampak seperti smartphone premium. Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan bahwa X50 Pro memang "Professional Photography Flagship" pertama dari Vivo Indonesia. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X