Spotify Punya Video Podcast, Bisa Didengarkan Sambil Buka Aplikasi Lain

Kompas.com - 22/07/2020, 12:05 WIB
ilustrasi Spotify techcrunch.comilustrasi Spotify

KOMPAS.com - Akhir tahun lalu, YouTube merilis YouTube Music untuk menantang Spotify. Kini, Spotify tidak mau tinggal diam. Platform streaming audio itu mulai menyebar fitur layanan video terbaru, yakni video podcast.

Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan konten visual dari podcast favorit, yang selama ini hanya bisa disuguhkan melalui audio. Selama ini, beberapa podcaster mengunggah versi audio di Spotify dan versi video di platform lain seperti YouTube.

Namun dengan fitur ini, mereka bisa mengunggah audio dan video di Spotify. Baik pengguna Spotify gratisan maupun premium sama-sama bisa menikmati podcast versi audio dan video. Spotify mengatakan pengguna bisa mengubah video podcast menjadi audio secara mulus.

Baca juga: Alasan YouTube Music Belum Punya Podcast Seperti Spotify

Saat membuka aplikasi lain, konten video akan disetop, sementara konten audio (suara) akan terus diputar, sehingga pengguna bisa melakukan multitasking atau membuka aplikasi-aplikasi lain tanpa harus menyetop podcast yang tengah didengarkan.

Kelebihan ini tidak dimiliki YouTube, kecuali bagi pengguna premium. Untuk diketahui, hanya pengguna YouTube Premium yang bisa menikmati fitur PiP (picture in picture), di mana layar YouTube akan mengecil ketika pengguna melakukan multitasking.

Video podcast akan hadir di Spotify versi desktop maupun mobile. Fitur video akan menjadi komponen tambahan, bukan menggantikan audio. Itu artinya, pengguna masih bisa streaming atau mengunduh podcast audio untuk didengarkan secara offline, khusus bagi pengguna berbayar.

Fitur video podcast hadir di semua negara yang telah didukung fitur podcast di Spotify. Namun sepertinya, penyebarannya belum merata, dan belum banyak kreator yang mengunggah video podcast di Spotify.

Peluang monetisasi?

Spotify mengatakan, fitur video podcast memberikan peluang bagi podcaster untuk mempromosikan podcast-nya lebih luas. Spotify sejatinya sudah memiliki opsi video di podcast, namun kreator tidak diberikan jalan untuk mempromosikannya melalui platform yang sama.

Sehingga, mereka banyak memanfaatkan platform ketiga seperti YouTube untuk mempromosikan podcast. Apalagi bagi podcaster yang telah memiliki basis penggemar di YouTube.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X