Twitter Kini Punya Fitur Hapus Follower, Bukan "Unfollow" atau Blokir

Kompas.com - 13/10/2021, 06:31 WIB

KOMPAS.com - Twitter resmi mengumumkan fitur baru bernama "Remove Followers". Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat digunakan untuk menyingkirkan followers alias pengikut akun kita, tanpa harus memblokirnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna Twitter dapat menghapus follower yang tidak mereka kehendaki. Nantinya, akun yang di-remove tersebut tidak akan bisa melihat twit Anda di timeline mereka.

Misalnya, jika ada seseorang yang tidak Anda kenal tiba-tiba mengikuti (follow) akun Anda di Twitter dan Anda tidak menginginkannya, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghapus mereka dari daftar followers.

Bisa dibilang, fitur ini adalah memblokir secara halus (soft block). Sebab, pengguna bisa menghapus akun tertentu dari daftar pengikutnya tanpa memberikan notifikasi ke akun tersebut.

Baca juga: Twitter Tingkatkan Kualitas Video, Jadi Lebih Bagus?

Perlu dicatat, fitur ini berbeda dengan Unfollow (berhenti mengikuti) dan juga berbeda dengan blokir akun.

Unfollow akan menghentikan Anda mengikuti akun tertentu, sementara blokir, akan mencegah interaksi apapun di antara kedua akun.

Nah, dengan "Remove Followers", pengguna hanya akan menghapus akun tertentu dari daftar pengikut mereka.

Namun, akun yang di-remove masih akan melihat status "mengikuti" meskipun akun tersebut tidak akan bisa melihat atau membaca twit Anda di timeline mereka. Kendati demikian, akun yang di-remove akan tetap dapat mengirimkan Direct Message (DM) kepada Anda.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNET, Rabu (13/10/2021), fitur baru ini merupakan upaya Twitter untuk memberi lebih banyak kontrol kepada pengguna atas akun mereka.

Untuk sementara, fitur Remove Followers baru tersedia bagi pengguna Twitter versi desktop alias lewat browser komputer atau laptop.

Halaman:
Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.