Twitter Tips Meluncur di Indonesia, Kreator Bisa Dapat Uang dari Follower

Kompas.com - 24/09/2021, 08:32 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada Mei lalu, fitur Tis di Twitter akhirnya menyambangi pengguna global, termasuk Indonesia.

Dengan Tips, konten kreator di Twitter bisa mendapatkan pendapatan uang dari follower mereka. Fitur Tips di Twitter baru hadir untuk pengguna iOS. Fitur ini dijanjikan hadir di Android dalam beberapa minggu ke depan.

Ketersediaan Tips untuk pengguna global disampaikan perwakilan Twitter, Ester Crawford dalam sebuah pengumuman di blog resmi Twitter baru-baru ini.

"Mulai hari ini, kami mulai menggelontorkan fitur Tips di Twitter ke semua orang di platform iOS secara global," ujar Ester dalam pengumuman tersebut, dikutip KompasTekno dari BlogTwitter, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Twitter Resmi Luncurkan Super Follows, Pengguna Bisa Dapat Uang

Fitur Tips bisa dijajal pengguna melalui ikon "uang kertas" yang bakal muncul di sebelah tombol "Following", pada laman profil pengguna atau kreator konten Twitter yang dituju, sebagaimana tampak pada ilustrasi gambar berikut.

Ilustrasi ikon uang kertas yang mejeng di sebelah tombol Following di Twitter.Twitter Ilustrasi ikon uang kertas yang mejeng di sebelah tombol Following di Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ikon tersebut di-klik, maka pengguna bisa memilih platorm pembayaran mana yang akan dipakai sebagai layanan untuk mengirim uang.

Di aplikasi platform pembayaran tersebut, pengguna lantas bisa menyelesaikan proses transaksi untuk memberikan uang ke pengguna atau kreator konten favorit mereka di Twitter, tanpa dipotong pajak atau dikenakan biaya tambahan oleh Twitter.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Snack Video

Adapun kreator konten yang ingin mendapatkan uang dari para pengikutnya di Twitter harus menautkan akun mereka dengan platform pembayaran yang mendukung.

Untuk saat ini, platform pembayaran yang didukung Twitter mencakup Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, Venmo, GoFundMe, dan PicPay.

Tidak disebutkan apakah platform pembayaran tersebut akan bertambah di kemudian hari atau tidak.

Ilustrasi pengiriman Bitcoin melalui fitur Tips di Twitter.Twitter Ilustrasi pengiriman Bitcoin melalui fitur Tips di Twitter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.