Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Tips Meluncur di Indonesia, Kreator Bisa Dapat Uang dari Follower

Kompas.com - 24/09/2021, 08:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada Mei lalu, fitur Tis di Twitter akhirnya menyambangi pengguna global, termasuk Indonesia.

Dengan Tips, konten kreator di Twitter bisa mendapatkan pendapatan uang dari follower mereka. Fitur Tips di Twitter baru hadir untuk pengguna iOS. Fitur ini dijanjikan hadir di Android dalam beberapa minggu ke depan.

Ketersediaan Tips untuk pengguna global disampaikan perwakilan Twitter, Ester Crawford dalam sebuah pengumuman di blog resmi Twitter baru-baru ini.

"Mulai hari ini, kami mulai menggelontorkan fitur Tips di Twitter ke semua orang di platform iOS secara global," ujar Ester dalam pengumuman tersebut, dikutip KompasTekno dari BlogTwitter, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Twitter Resmi Luncurkan Super Follows, Pengguna Bisa Dapat Uang

Fitur Tips bisa dijajal pengguna melalui ikon "uang kertas" yang bakal muncul di sebelah tombol "Following", pada laman profil pengguna atau kreator konten Twitter yang dituju, sebagaimana tampak pada ilustrasi gambar berikut.

Ilustrasi ikon uang kertas yang mejeng di sebelah tombol Following di Twitter.Twitter Ilustrasi ikon uang kertas yang mejeng di sebelah tombol Following di Twitter.

Ketika ikon tersebut di-klik, maka pengguna bisa memilih platorm pembayaran mana yang akan dipakai sebagai layanan untuk mengirim uang.

Di aplikasi platform pembayaran tersebut, pengguna lantas bisa menyelesaikan proses transaksi untuk memberikan uang ke pengguna atau kreator konten favorit mereka di Twitter, tanpa dipotong pajak atau dikenakan biaya tambahan oleh Twitter.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Snack Video

Adapun kreator konten yang ingin mendapatkan uang dari para pengikutnya di Twitter harus menautkan akun mereka dengan platform pembayaran yang mendukung.

Untuk saat ini, platform pembayaran yang didukung Twitter mencakup Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, Venmo, GoFundMe, dan PicPay.

Tidak disebutkan apakah platform pembayaran tersebut akan bertambah di kemudian hari atau tidak.

Ilustrasi pengiriman Bitcoin melalui fitur Tips di Twitter.Twitter Ilustrasi pengiriman Bitcoin melalui fitur Tips di Twitter.

Selain bisa menerima pembayaran dengan uang asli, pengguna juga kini bisa berbagi Bitcoin atau Ethereum untuk pertama kalinya dengan kreator konten idaman mereka di Twitter, melalui platform Strike.

Meski demikian, pembayaran dengan mata uang kripto tersebut baru tersedia di El Salvador, negara pertama yang resmi menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, serta di Amerika Serikat (kecuali Hawaii dan New York).

Baca juga: Sempat Ditutup, Program Centang Biru Twitter Sudah Dibuka Lagi

Seperti disebutkan di atas, fitur Tips, baik untuk mengirim ke kreator konten atau pentautan platform pembayaran Tips untuk menerima uang, baru bisa dijajal oleh pengguna aplikasi Twitter versi iOS secara global, termasuk Indonesia.

Menurut Ester, pengguna Android akan mendapatkan fitur berbagi uang tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Perlu dicatat, Untuk menggunakan fitur ini atau mengaktifkan fitur Tips di profilnya, Twitter mewajibkan pengguna harus berusia 18 tahun ke atas dan mematuhi segala peraturan dan kebijakan umum dari fitur Tips.

Syarat lengkapnya bisa dibaca di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com