Kompas.com - 02/11/2021, 07:17 WIB
Ilustrasi Sega. Reuters/ Kim Kyung-HoonIlustrasi Sega.

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang dan pendistribusi software dan hardware video game asal Jepang, Sega mengumumkan aliansi strategis dengan Microsoft, pada Senin (1/11/2021).

Dalam sebuah posting di laman resmi, Sega mengatakan kesepakatan ini tercipta agar perusahaan dapat mengembangkan dan memproduksi video game "global berskala besar" dengan memanfaatkan teknologi cloud gaming Microsoft Azure.

"Dengan kemitraan ini, memungkinkan bisnis untuk bergerak maju dengan "Super Game", sebuah inisiatif baru untuk mengembangkan judul baru dan inovatif di mana fokus utamanya adalah 'Global', 'Online', 'Komunitas', dan 'Pemanfaatan IP'," kata Sega dalam laman resminya.

Baca juga: Google Stadia Sudah Bisa Dimainkan di Samsung Galaxy, Asus, dan Razer

Dalam pengumuman aliansi strategis dengan Microsoft ini, Sega tidak merinci lebih lanjut apakah kesepakatan ini akan menghasilkan judul video game ekslusif, termasuk investasi modal atau tidak.

Meski demikian, kemitraan dengan Microsoft ini mencerminkan upaya Sega untuk membangun video game yang cocok untuk masa depan, di mana konektivitas online bakal lebih cepat dan lebih luas daripada sebelumnya, karena kehadiran jaringan 5G.

Dengan begitu, konsumen akan dapat memainkan lebih banyak konten video game kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan proses pengembangan dan terus menghadirkan pengalaman video game berkualitas tinggi kepada pemain yang menggunakan teknologi cloud Azure," kata Sega.

Baca juga: Sega Jual Bisnis Game Arcade Imbas Pandemi Covid-19

Ke depannya, tak menutup kemungkinan, Sega juga memanfaatkan teknologi cloud Microsoft Azure untuk mendukung versi baru dari seri game populer perusahaan, seperti Phantasy Star Online, Yakuza, atau Sonic The Hedgehog, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCMag, Selasa (2/11/2021).

Dalam pengumuman kemitraan ini, Microsoft menambahkan "Bersama-sama kita akan membayangkan kembali bagaimana game dibangun, di-hosting, dan dioperasikan, dengan tujuan menambah nilai lebih bagi pemain dan Sega".

Bagi Microsoft sendiri, streaming atau cloud gaming menjadi salah satu target perusahaan di masa mendatang.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Cloud Gaming Project xCloud untuk Xbox

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.