Beda S Pen di Samsung Galaxy Tab S8, Bisa Apa Saja?

Kompas.com - 11/02/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Tablet flagship Samsung Galaxy Tab S8 resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (9/2/2022) lalu. Perangkat ini diposisikan sebagai penerus dari Samsung Galaxy Tab S7 series yang meluncur pada Agustus 2021 lalu.

Terdapat tiga model Samsung Galaxy Tab S8 yang dirilis di Tanah Air, yakni Galaxy Tab S8 reguler, Galaxy Tab S8 Plus, dan Galaxy Tab S8 Ultra.

Seperti kebanyakan jajaran perangkat tablet premium, Samsung Galaxy Tab S8 series turut dibekali dengan aksesori pelengkap berupa S Pen.

Kehadiran stylus (pena digital) khas Samsung ini diklaim mampu mendukung pengguna dalam melakukan beragam aktivitas, seperti menggambar, menulis, hingga menavigasi aplikasi yang terdapat di dalam tablet.

Baca juga: Beda Tablet Samsung Galaxy Tab A8 dan Galaxy Tab A7 di Indonesia

Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina mengatakan bahwa S Pen yang disertakan pada Samsung Galaxy Tab S8 telah membawa sejumlah peningkatan.

Annisa menjelaskan, S Pen di Samsung Galaxy Tab S8 Ultra mampu menawarkan peningkatan presisi hingga tiga kali lebih baik dibandingkan pendahulunya pada Samsung Galaxy Tab S7.

Fitur S Pen di Galaxy Tab S8.Samsung Fitur S Pen di Galaxy Tab S8.

S Pen yang terdapat pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dan Samsung Galaxy Tab S8 Plus memiliki latensi yang cukup rendah, yakni di angka 2,8 ms.

Besaran tersebut setara dengan latency yang dimiliki S Pen pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Sementara S Pen yang hadir dengan Samsung Galaxy Tab S8 reguler diklaim mempunyai latensi sebesar 6,2 ms.

Sebagai perbandingkan, Samsung Galaxy Tab S7 reguler memiliki S Pen dengan latensi 9 ms, sedangkan latensi di S Pen Samsung Galaxy Tab S7 Plus berada di angka 5,6 ms.

"Pengaruhnya sendiri bisa memberikan pengalaman menulis seperti di atas kertas," ucap Annisa dalam sesi konferensi pers yang digelar secara online, Jumat (11/2/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.