Kompas.com - 14/02/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Microsoft Word telah mengubah cara orang dalam memproduksi sebuah tulisan. Dulu sebuah tulisan harus dibuat dengan pena atau mesin tik pada selembar kertas secara langsung.

Cara seperti itu tentu bakal memakan banyak waktu, tiap kata yang ditulis harus dilakukan dengan hati-hati, bila tidak bakal kerepotan saat hendak menghapus kata yang salah.

Sementara itu, penulisan kata jadi lebih mudah sejak diluncurkannya Microsoft Word pada tahun 1983 oleh Microsoft, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Dengan Microsoft Word, orang kini bisa menulis dengan sangat mudah, tidak perlu takut salah ketik.

Baca juga: Mengenal Microsoft Excel Beserta Manfaat dan Rumusnya

Hingga kini, Microsoft Word telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang, khususnya dalam hal kepenulisan. Microsoft Word memiliki banyak fungsi yang berguna untuk membantu orang dalam menulis. Selengkapnya, simak pengertian Microsoft Word dan fungsinya berikut ini:

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah program pengolah kata berupa software aplikasi yang berfungsi untuk membuat tulisan dengan berbagai macam format, seperti surat, laporan, jurnal, dan sebagainya.

Microsoft Word merupakan aplikasi yang masih dalam satu bagian pada paket Microsoft Office milik perusahaan Microsoft. Program pengolah kata ini bisa diakses lewat dekstop dengan sistem operasi (OS) MacOS atau Windows OS.

Dikutip dari situs web ensiklopedia teknologi Technopedia, Microsoft Word sebagai program pengolah kata memungkinkan pengguna untuk melakukan penulisan, penyuntingan, atau mencetak suatu tulisan.

Microsoft Word yang kerap disebut dengan Ms Word atau Word punya desain utama yang bernama WYSIWYG (what you see is what you get).

Dengan desain itu, Microsoft Word mampu memastikan semua kata yang ditulis pengguna, bakal muncul persis saat dicetak atau dibuka di platform lain. Desain ini salah satunya terwujud dalam fitur copy-paste atau salin-tempel yang ada di Microsoft Word.

Fitur salin-tempel memudahkan pengguna saat hendak memindahkan satu tulisan ke lembar baru di Microsoft Word atau di platform lain. Sebagai program pengolah kata, Microsoft Word memiliki lembar virtual berwujud seperti kertas untuk menulis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.