Cara Merekam Layar di HP dan Tablet Samsung tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 09/08/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah smartphone memiliki fitur bawaan yang berfungsi untuk merekam tampilan layar. Di HP Samsung, fitur tersebut bernama "Screen Recorder".

Fitur ini berguna untuk merekam tampilan layar dalam bentuk video. Biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin merekam aksi keren saat sedang bermain game.

Dengan adanya fitur "Screen Recorder", pengguna HP dan tablet Samsung tidak perlu lagi menggunakan bantuan aplikasi perekaman pihak ketiga.

Fitur "Screen Recorder" dapat dijumpai pada di HP dan tablet Samsung berbasis Android 11 seperti Samsung Galaxy A51, A71, Galaxy S20, S21, Galaxy Tab S6, Tab A8, Galaxy Z Fold 2, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tablet Lipat Pertama Samsung Meluncur Tahun Depan?

Cara menggunakan fitur perekaman cukup mudah dilakukan karena dapat diakses melalui bar notifikasi layar di bagian atas.

Selengkapnya, berikut merupakan cara merekam layar di HP dan tablet Samsung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (9/8/2022).

  • Buka halaman utama HP atau tablet Samsung Anda.
  • Usap ke bawah panel layar untuk mengakses bar Notifikasi layar.
  • Cari dan pilih opsi "Screen Recorder" pada menu "Quick Settings".
  • Sebelum merekam layar, pengguna bisa mengatur sumber suara yang ingin direkam dengan memilih salah satu dari opsi "No sound", "Media sounds" dan "Media sounds and mic".
  • Opsi "No sound" dapat dipilih untuk merekam layar tanpa menyertakan audio.
  • Opsi "Media sounds" memungkinkan pengguna untuk dapat merekam layar dan audio dari perangkat.
  • Opsi "Media sounds and mic" dapat dipilih jika pengguna ingin merekam audio perangkat dan suara yang ada di sekitar perangkat.
  • Anda juga dapat memilih "Show taps and touches" untuk menampilkan setiap sentuhan yang dilakukan pada layar.
  • Setelah memilih salah satu opsi tersebut, Anda bisa langsung menekan tombol "Start Recording" untuk memulai perekaman layar.

Baca juga: Foto Hands-on Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Bocor Jelang Peluncuran

Untuk menghentikan proses perekaman layar, Anda cukup menyentuh opsi "Tap to Stop" (tombol kotak) di bagian kiri atas layar. Nantinya, hasil rekaman dapat diakses melalui menu "Gallery".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.