Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2022, 08:40 WIB

BALI, KOMPAS.com - Galaxy Z Flip 4 dibekali sejumlah fitur yang diklaim bisa memaksimalkan beragam kegiatan pengguna. Salah satu fitur menarik yang ada di perangkat tersebut adalah Flex Mode.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menekuk layar Galaxy Z Flip 4 dengan sudut kemiringan 75-115 derajat, sehingga perangkat tersebut seakan tampil seperti "laptop mungil".

Tak hanya tampilannya saja, sebagian besar aplikasi yang mendukung fitur Flex Mode juga bisa dioperasikan melalui panel sentuh alias touchpad yang juga ada di perangkat laptop.

Baca juga: Samsung Pamer Ketangguhan Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, Ponsel Direndam dan Dilipat Berkali-kali

Nantinya, tampilan touchpad akan diposisikan di bagian bawah layar ketika Galaxy Z Flip 4 berada di dalam mode Flex Mode.

Sementara bagian atas layar akan menyuguhkan tampilan utama aplikasi tersebut, lengkap dengan pointer ikonik dengan bentuk "tanda panah" berwarna putih yang juga biasa ditemui di antarmuka (UI) komputer Windows. 

Cara mengubah tampilan aplikasi menjadi dua ketika sedang ada di dalama mode Flex Mode di Galaxy Z Flip 4 .KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengubah tampilan aplikasi menjadi dua ketika sedang ada di dalama mode Flex Mode di Galaxy Z Flip 4 .

 

Fitur touchpad di Flex Mode sendiri tidak aktif dan muncul secara otomatis. Sebab, fitur ini hanya akan muncul apabila pengguna mengaktifkan fitur Flex Mode secara spesifik pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat.

Untuk memunculkan touchpad di berbagai aplikasi yang mendukung Flex Mode, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu pengaturan alias "Settings"
  • Kunjungi menu "Advanced features"
  • Klik menu "Labs"
  • Pilih menu "Flex mode panel"
  • Selanjutnya, aktifkan toggle yang berada di sebelah kanan masing-masing aplikasi yang ingin dimunculkan fitur touchpad-nya
  • Jika sudah aktif, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut ketika berada dalam mode Flex Mode
  • Lalu, klik ikon "jari menunjuk" yang ada di sebelah kanan bawah pada layar di bagian bawah

Perlu dicatat, fitur touchpad tidak bisa digunakan di berbagai aplikasi yang memang sudah memiliki UI tersendiri ketika digunakan di tampilan Flex Mode. Beberapa aplikasi tersebut seperti YouTube, Camera, Calendar, Gallery, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Samsung: Indonesia Sudah Jadi Pasar Ponsel Lipat yang Menjanjikan

Selain itu, fitur touchpad juga tidak bisa dipakai di aplikasi yang tidak mendukung Flex Mode seperti Instagram, AR Zone, aplikasi sistem macam Settings, dan lain sebagainya.

Nah, penasaran menjajal fitur touchpad di Flex Mode Galaxy Z Flip 4? Ponsel lipat Galaxy Z Flip 4 sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp 14 juta (8 GB/128 GB), Rp 15 juta (8 GB/256 GB), dan Rp 17 juta (8 GB/512 GB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.