Kompas.com - 23/11/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemegang lisensi smartphone Nokia mengungkap strategi yang diterapkan perusahaan agar bisa menembus lima besar vendor smartphone di Indonesia.

Menurut General Manager HMD Global di Indonesia, Hero Tjokroardi, jumlah pengguna Nokia di Indonesia diklaim cukup besar, yaitu hampir lebih dari 10 juta pengguna.

Angka tersebut yang nantinya akan dijadikan perusahaan pondasi untuk terus meluncurkan sejumlah smartphone dengan harga yang kompetitif.

Menurut Hero, produk Nokia di Indonesia akan dibanderol dengan harga yang murah, namun, tidak akan memiliki banyak tipe ataupun model seperti merek-merek lain. Tujuannya untuk mempermudah konsumen melakukan pembelian.

Baca juga: Zaman Smartphone, Kenapa Nokia Masih Rajin Bikin Feature Phone?

(Kiri-kanan) Vice President, APAC, HMD Global Ravi Kunwar dan General Manager HMD Global di Indonesia Hero Tjokroardi dalam semua acara peluncuran Nokia C21 Plus, C31, dan tablet Nokia T12, di Event Gallery SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com (Kiri-kanan) Vice President, APAC, HMD Global Ravi Kunwar dan General Manager HMD Global di Indonesia Hero Tjokroardi dalam semua acara peluncuran Nokia C21 Plus, C31, dan tablet Nokia T12, di Event Gallery SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

“Strategi kami memang berbeda dengan merek-merek lain. Merek-merek lain meluncurkan banyak tipe kalau kita sedikit tipe, tetapi itu sangat kompetitif. Itu juga (dilakukan) untuk mempermudah pemilihan (konsumen),” ujar Hero dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Alila SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Hero menambahkan, perusahaan akan terbuka terhadap produk yang diluncurkan. Apabila smartphone yang diluncurkan memiliki spesifikasi atau performa yang terbatas, hal tersebut tidak akan ditutupi-tutupi.

Hal itulah yang nantinya akan memberikan penilaian kepada masyarakat sendiri apakah produk yang diluncurkan layak dibeli atau tidak.

“Di era online ini, masyarakat akan dapat berita bagus dan buruk dengan cepat, jadi kami jujur dengan konsumen. Kalau kami menjual produk yang bagus, performance-nya juga bagus, dan harganya wajar, market yang nantinya akan melihat sendiri,” imbuh Hero.

Strategi hadapi ekonomi 2023

Selain strategi menembus lima besar, pihak HMD Global juga membocorkan beberapa langkah preventif yang dilakukan untuk menghadapi 2023 mendatang.

Baca juga: Ini Alasan Harga Nokia C21 Plus dan C31 Lebih Murah di Indonesia

Pasalnya, beberapa pakar ekonom dan pemerintah memprediksi bahwa tahun depan akan ekonomi akan semakin sulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.