Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Samsung Galaxy S23 Ultra Lebih Hemat Daya Dibanding iPhone 14 Pro

Kompas.com - 23/02/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, Samsung merilis tiga ponsel terbarunya yang terdiri dari Galaxy S23, Samsung Galaxy S23 Plus, dan Samsung Galaxy S23 Ultra. Varian Ultra ini merupakan model teratas dengan spesifikasi yang mumpuni dan performa yang lebih unggul. Misalnya saja dari aspek baterai, kamera, layar, dan sebagainya.

Berbicara soal layar, laporan terbaru menyebut bahwa Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki layar yang lebih hemat daya dibanding layar di iPhone 14 Pro/Max.

Informasi ini diungkap oleh pengulas layar smartphone sekaligus jurnalis teknologi dari XDA Developer, Dylan Raga.

Melalui akun Twitter-nya dengan handle @dylan_raga, dia menjelaskan material layar yang digunakan Galaxy S23 Ultra menjadi salah satu faktor yang membuat baterai perangkat lebih irit. Menurutnya, layar AMOLED ponsel tersebut dibuat dari material yang berbeda.

Baca juga: Beda Rp 7 Juta, Ini Perbandingan Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max

"Ponsel #SamsungS23Ultra menggunakan material set OLED (Organic Light-Emitting Diode) luminescent yang unik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Ini tidak semudah mengklasifikasi M11 dan M12, ada perbedaan pada masing-masing pemancar cahaya (emitters)," tulis Raga.

Sekadar informasi, satu material set OLED terdiri dari dopant, host, prime, dan bahan lainnya yang digunakan untuk membentuk piksel merah, hijau, dan biru. Samsung Display menyebut material set yang digunakan pada Samsung Galaxy dan iPhone sebagai "seri M".

Apabila dibandingkan, M12 lebih mumpuni dan mahal dibandingkan M11 karena deretan fitur yang dimiliki seperti peningkatan akurasi warna dan efisiensi energi pada layar. 

Raga menjelaskan, Samsung Galaxy S23 Ultra kemungkinan mengadopsi material layar M11, namun dengan kemampuan yang beda dari material serupa biasanya.

Material set OLED yang digunakan Samsung Galaxy S23 Ultra disebut membuat layar smartphone tersebut lebih hemat daya, apalagi jika dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max yang menggunakan material M12.

ilustrasi percobaan Dylan RagaDylan Raga ilustrasi percobaan Dylan Raga

Menurut Raga, layar Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki pemancar cahaya berwarna hijau yang lebih besar dibandingkan panel M12. Pemancar cahaya berwarna hijau ini disebut membantu efisiensi daya.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Disiksa, Digores, Ditekuk, hingga Dibakar

Layar smartphone Samsung ini juga dibekali pemancar cahaya berwarna merah yang baru. Untuk pemancar cahaya berwarna biru, Galaxy S23 Ultra masih menggunakan bahan M11. Raga menduga masih digunakannya material ini lantaran ada kendala rantai pasokan.

Walaupun demikian, pemancar ini ternyata lebih hemat daya dibandingkan iPhone 14 Pro Max sambil mempertahankan tingkat kecerahan (brightness) yang sama. Raga kemudian merangkum hasil yang ditemukan.

"Dilihat dari efisiensinya, S23 Ultra tidak mengecewakan. Layar ini setara dengan iPhone 14 Pro Max (dengan tingkat kecerahan) hingga 400 nits, dan memimpin dalam HBM (High Brightness Mode/ Mode Kecerahan Tinggi), menggunakan ~600 milliwatts (mW) lebih hemat pada layar penuh 1150 nit," tulis Raga.

"Dilihat dari generasi sebelumnya, ponsel ini juga lebih baik dibandingkan S22 dengan layar M11, " imbuhnya.

Layar yang hemat ini akhirnya berpengaruh terhadap daya baterai Samsung Galaxy S23 Ultra. Sebagai informasi, Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki daya baterai 5.000 mAh. Adapun Samsung mengeklaim baterai ini kuat digunakan untuk mendengar audio sampai 99 jam dan menonton video sampai 26 jam.

Baca juga: Baterai Samsung Galaxy S23 Ultra Bikin Apple Ketar-ketir?

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com