Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Twibbon Idul Adha 2023 Sendiri yang Mudah dan Menarik

Kompas.com - 27/06/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menyambut hari raya kurban atau Idul Adha (bentuk baku: Iduladha), pengguna bisa membagikan pesan ucapan selamat melalui Twibbon Idul Adha 2023 atau Twibbon Idul Adha 1444 H.

Twibbon Idul Adha 2023 bisa dipakai menjadi menjadi foto profil dan dibagikan ke media sosial. Twibbon Idul Adha 1444 H sekarang sudah banyak tersedia di platform berbagi Twibbon seperti Twibbonize.

Baca juga: 65 Twibbon Idul Fitri 2023 dengan Desain Menarik buat Rayakan Lebaran

Pengguna bisa mengunduhnya di sana secara gratis. Namun, bila kumpulan Twibbon Idul Adha 2023 di Twibbonize dirasa tak ada yang menarik untuk diunduh dan dipakai, pengguna juga bisa membuatnya sendiri.

Cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Canva yang tersedia di handphone (HP). Dengan membuat Twibbon Idul Adha 2023 sendiri, pengguna bisa berkreasi sesuai keinginan.

Lantas, bagaimana cara bikin Twibbon di Canva? Bila berminat untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 dengan mudah melalui aplikasi Canva.

Cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 di Canva

  • Unduh Canva di toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Bila sudah punya, silakan buka aplikasi Canva dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, silakan klik ikon tambah yang tertera pada halaman awal aplikasi. Lalu, pilih opsi “Konten Instagram” untuk mulai membuat Twibbon dengan aspek rasio 1:1.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman pembuatan dan pengeditan desain dengan ukuran kanvas 1:1.
  • Pengguna bisa memulai untuk mengubah warna background kanvas dengan klik opsi “Warna” dan pilih warna yang sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya, di kanvas tersebut, pengguna bisa menambahkan beberapa elemen untuk membuat desain Twibbon Idul Adha 2023 sesuai keinginan.
  • Caranya klik ikon tambah dan pilih menu “Elemen”. Cari dan pilih elemen yang bertemakan perayaan hari raya Islam.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 di Canva.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 di Canva.
  • Setelah elemen ditambahkan ke kanvas dan diatur posisinya, pengguna bisa menambahkan teks ucapan selamat Idul Adha 2023.
  • Untuk menambahkan teks, pilih menu “Teks” yang berada di sebelah kanan menu “Elemen”.
  • Atur font, ukuran teks, dan penempatannya di kanvas sesuai dengan keinginan.
  • Jika desain background Twibbon Idul Adha 2023 dirasa telah sesuai keinginan, silakan tambahkan elemen bingkai foto di dalamnya. Elemen bingkai tersebut sebagai tempat meletakkan foto nantinya.
  • Untuk menambahkan elemen bingkai foto, caranya klik ikon tambah dan pilih menu “Elemen”. Setelah itu, cari dan pilih bentuk elemen bingkai.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 di Canva.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Twibbon Idul Adha 2023 di Canva.
  • Letakkan elemen bingkai tersebut di desain background Twibbon Idul Adha 2023.
  • Setelah bingkai ditambahkan dan semua pengeditan selesai, Twibbon Idul Adha 1444 H bisa diunduh dan disimpan di galeri HP.

Twibbon Idul Adha 1444 H buatan sendiri itu kini dapat diunggah ke Twibbonize. Namun, sebelum mengunggahnya ke Twibbonize, pengguna perlu membuat background pada elemen bingkai Twibbon Idul Adha 1444 H menjadi transparan terlebih dahulu.

Background Twibbon transparan dibutuhkan supaya elemen bingkai dapat diisi dengan foto. Cara membuat background Twibbon transparan bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “Cara Membuat Background Twibbon Transparan”.

Baca juga: Cara Bikin Twibbon Idul Fitri 2023 Sendiri di HP yang Mudah dan Unik

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Twibbon tahun baru 2023 di HP via Canva. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan sistem operasi iOS 16.5.1. Beda platform untuk mengakses mungkin bakal sedikit berbeda pula caranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com