Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Fold 5 Meluncur dengan Engsel Baru, Lebih Ringan dan Ringkas

Kompas.com - 26/07/2023, 18:04 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartphone lipat Galaxy Z Fold 5 di acara tahunan Galaxy Unpacked 2023, yang untuk pertama kalinya digelar di markasnya di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023) malam.

"Hari ini kami dengan bangga memperkenalkan perangkat-perangkat terbaru di ekosistem Galaxy kami, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan masih banyak lagi," ujar TM Roh, President and Head of MX Business Samsung di panggung peluncuran COEX Convention Hall.

"Dengan aneka perangkat ini, Anda bisa merasakan konektivitas yang saling terhubung antar perangkat Galaxy Ecosystem," lanjut TM Roh.

Galaxy Z Fold 5 datang dengan sejumlah kebaruan, terutama adalah konstruksi engsel baru. Selain itu, Galaxy Z Fold 5 juga mendapatkan upgrade di sektor hardware.

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, Ada Bonus Jutaan Rupiah

Desain engsel baru Galaxy Z Fold 5 ini diklaim membuat layar ponsel jadi bisa terlipat lebih rapat dibandingkan Galaxy Z Flip 4, tidak ada rongga lagi di bagian dalamnya, sehingga meminimalisir kerusakan akibat debu atau kotoran.

Perubahan mekanisme engsel ini juga membuat ponsel lipat Samsung ini lebih ringan dan ringkas.

Galaxy Z Fold 5 memiliki bobot 10 gram lebih ringan, dari 263 gram menjadi 253 gram. Adapun ketipisannya makin bertambah dari 15,8 mm menjadi 13,4 mm dalam kondisi terlipat.

(Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipatKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipat

Upgrade desain yang diusung Galaxy Z Fold 5 sejalan dengan fokus Samsung yang ingin memberi pesan kepada pengguna melalui perpaduan fungsionalitas yang praktis dan orisinalitas.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia Semua Model

Selain engsel, performa dari Galaxy Z Fold 5 juga mengalami peningkatan. Di atas kertas, perangkat datang dengan chipset besutan Qualcomm khusus Samsung, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset yang juga dibenamkan ke Galaxy S23 series.

Chipset tersebut tercatat mengalami peningkatan CPU sebesar 18 persen, GPU (pengolah grafis) 32 persen, dan NPU yang naik sebesar 25 persen. Chipset dipadu dengan RAM 12 GB dan tiga varian penyimpanan (storage), yaitu 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Selain itu, sistem pendingin perangkat, yakni Vapor Chamber juga mengalami peningkatan 38 persen lebih besar, memungkinkan pengguna bermain game atau menjalankan aplikasi berat dengan lebih nyaman.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5

Tampilan layar depan dari Galaxy Z Fold 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan layar depan dari Galaxy Z Fold 5

Galaxy Z Fold 5 mengusung panel Dynamic AMOLED 2x seluas 7,6 inci dengan resolusi layar QXGA Plus (2.716x1.812 piksel) untuk layar utama. Layar itu memiliki tingkat kerapatan piksel 374 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal 1.750 nits.

Sementara itu, layar sekunder di depan berukuran 6,2 inci dan dibekali materi panel yang sama dengan layar utama. Resolusi yang ditawarkan adalah HD Plus (2.315x904 piksel) dengan refresh rate 120 Hz, dan tingkat kerapatan layar 402 PPI.

Kamera yang diusung Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki konfigurasi yang serupa dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold 4, yaitu tiga kamera yang masing-masing memiliki sensor 50 MP (f/1.8) sebagai kamera utama dan sudah mendukung mode Nightography.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com