Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna di Balik "X", Logo Twitter Baru Pengganti Burung Biru

Kompas.com - Diperbarui 25/07/2023, 08:49 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Elon Musk tak henti-hentinya membuat heboh di Twitter, media sosial yang dimilikinya sejak sekitar akhir tahun lalu. Kali ini, Musk mengumumkan Twitter ganti logo. Logo burung biru “Larry Bird” yang ikonik bakal digantikan dengan logo yang mirip huruf “X”.

Pemilik Twitter sekaligus bos perusahaan mobil listrik Tesla itu mengumumkan langsung kehadiran logo Twitter baru “X” yang bakal menggantikan logo burung biru, lewat akun Twitternya dengan handle @elonmusk, pada Minggu kemarin (23/7/2023).

Baca juga: Threads Vs Twitter, Siapa yang Lebih Banyak Intip Data Pengguna?

"Kami akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan semua burung (logonya) secara bertahap," kata Elon Musk dalam twitnya.

Musk kemudian juga mengunggah cuplikan video singkat berdurasi tiga detik yang berisi transisi logo dari burung biru ke huruf X.

Pada video yang tertera di atas, dapat diketahui, logo Twitter baru bakal berupa berbentuk “X” dengan warna putih pada bagian huruf dan warna hitam di bagian latar belakangnya. Lantas, apa alasan Elon Musk ganti logo Twitter?

Makna logo baru Twitter

Masih dalam twitnya pada hari yang sama, Elon Musk sempat menunjukkan ke pengguna, logo Twitter baru yang akan menggantikan logo burung biru. Musk menyertakan gambar logo burung Twitter sembari mengatakan, logo Twitter baru akan seperti itu, tetapi huruf X.

Kemudian, Musk menjelaskan, gagasan filosofis di balik Twitter ganti logo menjadi “X” adalah untuk merepresentasikan ketidaksempurnaan dalam diri semua pengguna yang membuat setiap pengguna itu unik.

Selain secara filosofis, alasan Elon Musk ganti logo Twitter tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan. Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X.

X sendiri merupakan aplikasi dengan layanan beragam atau super apps. Konsep aplikasi X sebagai super app itu mirip seperti WeChat di China, yang di dalamnya memiliki layanan messaging, pembayaran, pesan-antar makanan, hingga ride-sharing.

Nama perusahaan Twitter pun telah diganti oleh Elon Musk. Sebelumnya, perusahaan aplikasi Twitter bernama Twitter Inc. Setelah itu, Musk mengganti namanya menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Baca juga: Ketika Twitter Bertubi-tubi Menerapkan Pembatasan ke Pengguna…

Langkah penggantian nama perusahaan Twitter menjadi X Corp dan yang terbaru mengganti logo Twitter jadi huruf X, kemungkinan diambil Elon Musk untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke supper app yang akan dikembangkannya.

Dalam pengumuman logo Twitter baru X ini, Musk juga berkata bahwa logo baru Twitter bisa saja dipasang secepatnya atau kemungkinan hari ini, Senin (24/7) secara global. Selain logo, Musk juga mengalihkan situs web X.com ke Twitter.com.

Logo Twitter baru belum muncul

Meski Musk sudah mengatakan kemungkinan waktu logo baru Twitter dirilis, berdasarkan pantauan KompasTekno, logo Twitter saat ini masih berbentuk burung biru “Larry Bird seperti biasa alias belum berganti menjadi huruf X.

Logo Twitter “Larry Bird” masih bisa dijumpai pada platform Twitter website ataupun aplikasi ponsel. Selain itu, situs web X.com juga belum tertaut ke Twitter.com. Situs web X.com saat ini malah belum bisa diakses.

Sebelum gonjang-ganjing pergantian logo Twitter menjadi huruf X ini muncul, Musk sebetulnya sempat pula membuat heboh warganet dengan mengubah logo burung Twitter menjadi anjing asal Jepang, Shiba Inu pada awal April lalu.

Shiba Inu di internet kerap dipakai sebagai meme. Selain itu, logo Shiba Inu juga merupakan lambang mata uang kripto Dogecoin. Logo Shiba Inu itu muncul di halaman depan platform Twitter website (Twitter.com).

Pengguna Twitter saat itu bisa melihat logo Shiba Inu di pojok kiri atas halaman Twitter.com, tempat yang biasanya menampilkan logo burung biru. Elon Musk sendiri tidak mengatakan secara gamblang mengapa ia mengubah logo Twitter menjadi Dogecoin.

Namun, ia memang diketahui sebagai penggemar berat mata uang kripto Dogecoin. Musk beberapa kali mempromosikan Dogecoin melalui akun Twitter-nya dan tidak jarang twit yang ia unggah membuat harga Dogecoin melambung.

Baca juga: 12 Perbedaan Threads Instagram dan Twitter, Serupa tapi Tak Sama

Hadirnya logo Dogecoin di situs Twitter juga membuat mata uang kripto itu naik sampai 30 persen lebih. Di hari ketika logo Dogecoin menggantikan logo burung Twitter, 1 keping Dogecoin terpantau memiliki nilai yang berkisar di angka 0,1 dollar AS (sekitar Rp 1.502).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com