Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Samsung "Sulap" Dua iPhone Jadi Galaxy Z Fold 5

Kompas.com - 22/08/2023, 12:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Samsung menggulirkan update baru untuk situs “Try Galaxy” pada Senin (21/8/2023). Pembaruan yang dihadirkan ini memungkinkan pengguna iPhone menjajal dan merasakan pengalaman memakai ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 langsung melalui iPhone mereka.

“Samsung Electronic hari ini mengumumkan update baru untuk 'Try Galaxy', memungkinkan pengguna non-Android menguji coba (antarmuka) OneUI 5.1.1 yang intuitif dan menjajal fitur Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 yang baru,” tulis Samsung di laman resminya.

Samsung sudah cukup lama mendemonstrasikan UI Android khusus yang dikembangkan melalui aplikasi Try Galaxy. Namun, pembaruan yang dihadirkan kali ini fokus untuk mengedepankan fitur utama di Samsung Z Flip 5, Z Fold 5, dan fitur baru di OneUI 5.1.1.

"Pengguna juga dapat mempelajari tutorial yang bermanfaat, menjelajahi aplikasi, dan widgets seolah berada di menu utama smartphone Galaxy. Secara khusus, aplikasi yang diperbarui menyoroti fitur utama Galaxy Z Flip 5, Z Fold 5, dan OneUI 5.1.1.," jelas Samsung.

Butuh dua iPhone

Nah, untuk merasakan pengalaman layar lebar Samsung Z Fold 5, pengguna perlu dua iPhone. Kedua perangkat harus mengunduh aplikasi Try Galaxy. Proses download bisa dilakukan dengan memindari kode QR melalui tautan berikut ini.

Perlu diingat bahwa kedua perangkat harus mengakses aplikasi Try Galaxy secara bersamaan. Satu perangkat nantinya akan mengeluarkan kode, sedangkan perangkat yang satu akan menerima kode tersebut untuk proses sinkronisasi.

Jika sudah, satu layar Samsung Z Fold 5 akan terbagi dua sama rata di masing-masing layar kedua iPhone. Setengah tampilan Galaxy Z Fold 5 akan muncul di iPhone pertama dan setengahnya lagi akan muncul di iPhone kedua.

Baca juga: Trade In Samsung Galaxy Z Flip 5-Fold 5 Bisa Pakai 3 HP Android dan iPhone Bekas

Guna merasakan pengalaman yang lebih maksimal, kedua iPhone harus ditempel atau disejajarkan seolah menyatu untuk memberi kesan “layar lebar” tadi. Seperti contoh di gambar berikut ini.

Pengguna iPhone dimungkinkan merasakan pengalaman menjajal layar lebar Galaxy Z Fold 5 leweat aplikasi Try GalaxyMac Rumors Pengguna iPhone dimungkinkan merasakan pengalaman menjajal layar lebar Galaxy Z Fold 5 leweat aplikasi Try Galaxy

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (22/8/2023), dua layar iPhone dapat menampilkan tampilan menu utama yang lebih luas, sama seperti Galaxy Z Fold.

Pengguna juga dimungkinkan membuka beberapa aplikasi dalam satu jendela yang sama, seperti fitur unggulan OneUI 5.1.1. di Galaxy Z Fold 5. Layar kiri adalah menu utama, sedangkan layar sebelah kanan terbagi menjadi dua, yakni aplikasi Gallery dan pesan teks.

Fitur lainnya, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Quick Share (fitur berbagi file di smartphone Android), aplikasi kesehatan Samsung Health, hingga memungkinkan pengguna iPhone merasakan pengalaman Flex Mode dari Samsung Z Flip dan Z Fold.

Hal tersebut tampaknya mustahil dilakukan oleh iPhone. Sebab, iPhone tidak memiliki layar sekunder untuk menampilkan hasil bidikan kamera.

Pilihan fitur yang ditawarkan masih terbatas. Pengguna non-Android hanya dapat mengakses game Air Hockey, mengakses fitur multitasking (membuka beberapa aplikasi di satu jendela yang sama), dan menonton video dengan tampilan layar terbagi dua.

Baca juga: Daftar Harga Tukar Tambah iPhone dengan Galaxy Z Fold 5 atau Z Flip 5

Ilustrasi tampilan iPhone yang mengakses aplikasi Try Galaxy untuk mencoba layar lebar dari Galaxy Z Fold 5Samsung Newsroom Ilustrasi tampilan iPhone yang mengakses aplikasi Try Galaxy untuk mencoba layar lebar dari Galaxy Z Fold 5

Terlepas dari hal tersebut, kebaruan ini tentunya menawarkan pengalaman yang unik bagi pengguna non-Android. Sebab, ukuran layar dari kedua perangkat cukup signifikan. Galaxy Z Fold 5 memiliki layar seluas 7,6 inci, sedangkan layar iPhone tidak lebih dari 6,7 inci.

Pembaruan aplikasi ini sudah ada dan bisa dijajal oleh pengguna iPhone. Update yang diberikan juga mendukung 20 bahasa yang berbeda, seperti Korea, Ceko, Hongaria, Spanyol, Amerika Latin, hingga Rusia.

Bila Anda tertarik mengunduh aplikasi Try Galaxy, Anda bisa mengeklil tautan berikut ini. Di laman tersebut akan muncul kode QR yang bisa dipindai untuk mengunduh aplikasi Try Galaxy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com