Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 Lebih Laris Dibanding Pendahulunya

Kompas.com - 16/08/2023, 10:29 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung resmi membawa dua ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 ke Indonesia, Selasa (16/8/2023). Sebelum dirilis resmi di Tanah Air, Samsung sudah membuka keran pemesanan awal atau pre-order untuk kedua ponsel ini.

Samsung mengatakan bahwa Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 laris manis selama periode pemesanan tersebut. Antusiasme konsumen di Indonesia terhadap duo ponsel lipat ini juga diklaim lebih besar dari pendahulunya, yaitu Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4.

“Antusiasme dari masyarakat Indonesia, khusus foldable phone, kami bisa mencapai 1,5 kali penjualan dari foldable phone sebelumnya” jelas Selvia Gofar, Head of MX Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, dalam sebuah acara yang berlangsung di Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (15/8/2023).

(Kiri-kanan) Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, dan Selvia Gofar, Head of MX Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia dalam sesi tanya jawab bersama awak media di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/8/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, dan Selvia Gofar, Head of MX Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia dalam sesi tanya jawab bersama awak media di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/8/2023)

Walau tidak merinci secara detail, Selvia menyebut bahwa keduanya, baik Samsung Z Flip 5 dan Samsung Z Fold 5, sama-sama diminati oleh masyarakat Indonesia.

“Di Indonesia, pemesanan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 kurang lebih sama dari jumlah pre-order yang kami pantau sampai hari ini. Semuanya sama, nyaris sama-sama 50 persen untuk seri Fold dan Flip,” tambah Selvia.

Sementara itu, Galaxy Z Flip 5 varian warna Mint disebut paling banyak dilirik oleh konsumen, sedangkan warna favorit pilihan konsumen Indonesia untuk Galaxy Z Fold 5 masih sama dengan pendahulunya, yakni Phantom Black.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 Resmi Diumumkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 16 Juta

“Warna Galaxy Z Flip 5 yang favorit ada yang Mint di Indonesia, untuk yang Galaxy Z Fold 5 masih (sama dengan pendahulunya), warna Phantom Black,” imbuh Selvia.

Sebagai informasi, Samsung Z Flip 5 menawarkan empat varian warna, yakni Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Sementara itu, Galaxy Z Fold 5 hanya tiga warna, yakni Icy Blue, Phantom Black, dan Cream.

Varian warna khusus juga tersedia secara eksklusif untuk pembelian online. Samsung Galaxy Z Flip 5 khusus pre-order menawarkan warna Dark Grey, Yellow, Green, dan Blue, sedangkan Galaxy Z Fold adalah Grey dan Blue.

Keempat warna Samsung Z Flip 5 kali ini tampak lebih maskulin. Sebab, warna bezel yang dihadirkan berwarna hitam doff. Berbeda dengan pilihan warna ritel dengan bezel yang memiliki aksen mengilap.

Beri bonus dan rasa aman

Samsung resmi meluncurkan duo ponsel anyarnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 secara global pada Rabu (26/7/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Samsung resmi meluncurkan duo ponsel anyarnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 secara global pada Rabu (26/7/2023)

Penjualan yang memiliki performa positif ini kemungkinan juga dibantu oleh bonus dan “rasa aman” yang diberikan Samsung terhadap konsumennya.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus sempat mengungkapkan bahwa strategi penjualan dari duo ponsel lipat anyar Samsung diadopsi dari Galaxy S23 series.

“(Kami) belajar dari Samsung Galaxy S23 series. Terkait kebutuhan storage yang lebih besar di kalangan pengguna. Makanya, pada saat pre-order, kami menghadirkan gratis double storage, sebagai salah satu promonya,” ujar Verry kepada KompasTekno, saat peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).

Dalam promo pre-order Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5, Samsung memang memberikan benefit kapasitas penyimpanan yang dua kali lebih besar dibanding produk yang dipesan, secara gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com