Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Risiko Ganti Baterai iPhone yang Perlu Diketahui, Perhatikan

Kompas.com - 03/09/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Baterai iPhone merupakan komponen habis pakai yang kemampuannya dalam menyimpan daya bisa menurun seiring pemakaian pengguna. Jika kemampuannya sudah menurun, pengguna perlu untuk ganti baterai iPhone.

Penggantian komponen baterai perlu dilakukan agar iPhone bisa dipakai dalam durasi yang ideal. Pasalnya, bila kemampuan baterai dalam menyimpan daya sudah menurun, iPhone bisa kehabisan baterai dengan cepat sebelum perlu dicas kembali.

Baca juga: Cara Cek Battery Health iPhone, Penting buat Mengetahui Kondisi Baterai

Bahkan, iPhone bisa mati secara tiba-tiba jika kemampuan baterai dalam menyimpan daya sudah turun drastis. Dengan demikian, tindakan ganti baterai iPhone perlu dilakukan. Lantas, apakah ada masalah jika iPhone sudah ganti baterai?

Risiko ganti baterai iPhone

Ganti baterai merupakan tindakan yang wajar dilakukan untuk merawat iPhone supaya bisa dipakai dalam waktu lama. Akan tetapi, tindakan ganti baterai iPhone pada dasarnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Secara umum, terdapat dua risiko ganti baterai iPhone yang perlu diketahui. Risiko tersebut berkaitan dengan komponen penggantinya. Salah satu dari kedua risiko ganti baterai iPhone itu perlu dihindari agar perangkat dapat bekerja secara optimal sesuai rancangannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai dua risiko ganti baterai iPhone yang perlu diketahui.

1. Ganti baterai iPhone dengan komponen asli

Ganti baterai iPhone dengan komponen baterai asli buatan Apple tidak memiliki risiko yang berarti. Dikutip dari laman resmi Apple, baterai asli didesain supaya bekerja secara optimal sesuai dengan kemampuan iPhone.

Ganti baterai iPhone dengan komponen asli tidak akan mempengaruhi fungsi perangkat. Sistem iPhone bakal tetap bisa mengumpulkan informasi kesehatan baterai dari baterai jika menggunakan komponen yang asli.

Meski tak memiliki risiko yang berarti, ganti baterai iPhone dengan komponen asli tetap meninggalkan semacam tanda atau status.

Bila baterai sudah diganti dengan komponen yang asli, pada opsi “About” atau “Mengenai” di menu pengaturan bakal terdapat status baterai sebagai “Komponen Asli Apple” atau “Genuine Apple Part”.

Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti asli dari Apple.Apple.com Ilustrasi status Komponen Asli Apple pada komponen baterai sebagai penunjuk bahwa komponen baterai pengganti asli dari Apple.

Status tersebut tidak mempengaruhi performa iPhone. Status hanya berfungsi untuk menunjukkan bahwa baterai iPhone telah diganti dan penggantinya menggunakan komponen asli Apple.

Baca juga: Cara Mengetahui Baterai iPhone Sudah Diganti atau Belum, Perhatikan

Jika status tersebut diklik, pengguna bakal bisa mengetahui tanggal servis atau tanggal penggantian komponen baterai. Penggantian baterai iPhone dengan komponen asli bisa dilakukan di Authorized Apple Service Provider.

2. Ganti baterai iPhone dengan komponen KW

Di pasaran, selain baterai iPhone yang asli buatan Apple, banyak tersedia pula baterai iPhone tiruan atau tidak asli alias KW buatan produsen lain. Komponen baterai iPhone KW inilah yang dapat mempengaruhi performa iPhone.

Baterai iPhone KW tidak bisa dipastikan apakah dapat bekerja dengan baik sesuai desain Apple. Baterai iPhone KW bisa saja didesain atau diproduksi dengan kualitas rendah yang tidak sesuai dengan standar Apple.

Kemudian, baterai KW kemungkinan besar bisa memiliki kapasitas daya yang tidak memadai atau tidak cocok dengan desain iPhone. Selain itu, baterai iPhone KW juga bisa mengakibatkan beberapa masalah kinerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com