Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Cepat Habis atau Boros

Kompas.com - 30/07/2023, 13:44 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui cara menghemat baterai iPhone. Dalam kondisi tertentu, pengguna bakal membutuhkan untuk memakai iPhone dengan durasi yang lama sebelum perlu dicas kembali, misalnya, saat berpergian atau berada di luar ruangan.

Oleh karena itu, supaya tidak cepat habis atau boros, pengguna perlu mengetahui cara menghemat baterai iPhone. Lantas, bagaimana cara agar baterai iPhone tidak boros? Terdapat beberapa cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghemat baterai iPhone agar tidak boros.

Cara menghemat baterai iPhone

1. Menggunakan WiFi untuk mengakses internet

Untuk mengatasi baterai iPhone boros, pengguna bisa menyambungkan iPhone ke jaringan WiFi saat ingin mengakses internet. Penggunaan jaringan WiFi untuk mengakses internet membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan dengan jaringan seluler.

Dengan demikian, baterai iPhone bisa lebih hemat bila pengguna menggunakan jaringan WiFi saat mengakses internet.

2. Mematikan pembaruan otomatis di App Store

Baterai iPhone cepat habis bisa diminimalisir juga dengan mematikan fitur pembaruan otomatis di App Store. Pembaruan aplikasi bisa berjalan otomatis di belakang layar dan aktivitas tersebut bisa mengonsumsi baterai tanpa diketahui.

Fitur pembaruan otomatis App Store bisa dimatikan dengan membuka menu pengaturan di iPhone. Kemudian, pilih pengaturan untuk App Store dan matikan opsi “Pembaruan App”.

3. Mematikan penyegaran aplikasi di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone bisa dipantau melalui menu “Baterai” di pengaturan perangkat. Apabila pengguna menemukan terdapat aplikasi yang mengonsumsi daya baterai secara berlebih atau tidak wajar, pengguna bisa mematikan penyegarannya.

Caranya, klik menu “Umum” di pengaturan perangkat, lalu gulir ke bawah dan pilih opsi “Segarkan App di Latar”. Selanjutnya, pilih aplikasi yang terindikasi telah mengonsumsi daya baterai secara berlebih dan geser toggle yang ada di sampingnya ke warna abu-abu.

Dengan melakukan itu, sistem operasi iPhone tidak bakal menyegarkan atau memperbarui konten secara otomatis di latar belakang pada aplikasi-aplikasi yang banyak mengonsumsi daya baterai.

4. Mematikan notifikasi aplikasi yang kurang penting

Notifikasi yang masuk bisa membuat iPhone nyala atau terbangun saat kondisinya dalam layar terkunci. iPhone yang kerap terbangun akibat notifkasi masuk juga bisa menyebabkan daya baterai iPhone cepat habis.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Battery Health iPhone agar Tetap Awet

Dengan demikian, cara menghemat baterai iPhone yang keempat adalah dengan mematikan notifkasi aplikasi yang kurang penting. Caranya, klik menu “Pemberitahuan” di pengaturan perangkat, kemudian pilih aplikasi tertentu. Lalu, matikan opsi “Izinkan Pemberitahuan”.

5. Mengatur layanan lokasi pada aplikasi

Cara menghemat baterai iPhone yang kelima adalah dengan mengatur layanan lokasi pada aplikasi. Layanan lokasi pada aplikasi yang terus aktif bisa menyebabkan daya baterai iPhone lebih cepat habis.

Pengguna bisa mengatur layanan lokasi pada aplikasi dengan cara klik menu “Privasi” di pengaturan perangkat. Kemudian, klik opsi “Layanan Lokasi”. Pilih aplikasi tertentu yang kurang penting dan atur layanan lokasinya dengan memilih opsi “Jangan Pernah”.

Dengan mengatur opsi tersebut, aplikasi tertentu yang kurang penting tidak bakal bisa mengakses layanan lokasi, sehingga daya baterai tidak perlu terbuang sia-sia dan menjadikannya lebih hemat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com