Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Baik? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 10/08/2023, 16:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui berapa persen kesehatan baterai iPhone yang baik. Sebab, pengetahuan atas tingkat kesehatan baterai atau battery health itu dapat digunakan untuk melihat kondisi baterai.

Sebagai informasi, kesehatan baterai atau battery health iPhone adalah durasi baterai bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu atau bisa juga dipahami sebagai kemampuan baterai menyimpan daya sebelum habis dan perlu dicas kembali.

Baca juga: 7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Battery health iPhone dapat menentukkan kapan pengguna harus mengganti atau servis komponen baterai. Tingkat battery health iPhone diindikasikan dengan persentase dari skala 0-100 persen.

Semakin tinggi persentase kesehatan baterai maka iPhone bisa dipakai dengan lama waktu yang optimal. Bila battery health masih tinggi, pengguna tak perlu cepat-cepat mengganti komponen baterai iPhone dengan yang baru.

Sebaliknya, jika persentase kesehatan baterai rendah maka iPhone bisa dengan cepat kehabisan baterai. Bahkan, iPhone dapat mati secara tiba-tiba. Bila tak mampu lagi menyimpan daya secara optimal, artinya pengguna perlu mengganti komponen baterainya.

Lantas, sebenarnya berapa persen kesehatan baterai iPhone yang baik sebelum harus diganti dengan komponen baru? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai battery health iPhone yang baik sebelum harus diganti.

Battery health iPhone yang baik

Dikutip dari laman resmi Apple, baterai yang normal didesain untuk bisa menyimpan daya hingga 80 persen dari kapasitas awalnya di 500 siklus pengisian ulang lengkap. Untuk diketahui, 1 siklus itu dihitung ketika pengguna telah menghabiskan baterai 100 persen.

Akan tetapi, proses menghabiskan 100 persen daya itu tidak berarti dilakukan dalam satu kali pemakain. Misalnya, pengguna telah memakai iPhone dan menghabiskan baterai 75 persen, kemudian dicas hingga 100 persen.

Setelah penuh, pengguna kembali memakainya dan menghabiskan baterai 25 persen. Dua kali pemakaian baterai yang menghabiskan total 100 persen baterai itu dihitung menjadi 1 siklus pengisian ulang lengkap.

Baca juga: 10 Cara Pakai iPhone untuk Pemula dari Pembelian hingga Pengaturannya

Baterai dikatakan normal jika dapat menyimpan daya hingga 80 persen di 500 siklus pengisian ulang lengkap. Itu berarti kemampuan baterai menyimpan daya atau battery health iPhone yang baik berada di angka 80 persen ke atas.

Biasanya, ketika battery health iPhone berada di bawah 80 persen, sistem bakal memperingatkan pengguna untuk ganti atau servis komponen baterai. Itulah penjelasan mengenai battery health iPhone yang baik.

Sementara itu, pengguna bisa memantau persentase battery health iPhone di menu pengaturan secara berkala. Dengan memantaunya, pengguna bisa tahu kapan harus ganti baterai. Adapun cara cek battery health iPhone adalah sebagai berikut:

Cara cek battery health iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih menu pengaturan “Baterai”.
  • Kemudian, pilih opsi “Kesehatan Baterai”.

Ilustrasi cara cek battery health iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek battery health iPhone.

Pada opsi "Kesehatan Baterai", pengguna bakal disajikan informasi persentase kesehatan baterai iPhone atau kapasitas maksimum baterai menyimpan daya. Selain itu, terdapat pula informasi kondisi baterai apakah mendukung dapat mendukung kinerja optimal atau tidak.

Demikianlah cara cek battery health iPhone. Sebagai informasi tambahan, battery health iPhone sejatinya bakal menurun seiring lamanya pemakaian. Akan tetapi, battery health iPhone juga bisa turun secara drastis akibat tindakan pengguna.

Baca juga: 10 Aplikasi iPhone yang Wajib Dimiliki saat Pertama Kali Menggunakan

Untuk menjaga agar battery health iPhone tak turun drastis, pengguna bisa membaca caranya lebih lanjut di artikel ini “8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis”, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com