Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Note 50, HP Harga Rp 1 Jutaan Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 30/01/2024, 11:31 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme telah resmi merilis smartphone terbarunya, yakni Realme Note 50 di sejumlah pasar global beberapa waku lalu. Ponsel ini merupakan seri Note pertama yang diperkenalkan.

Sebagai perangkat yang masuk segmen smartphone murah, alias entry level, banderol harganya bisa dikatakan lebih terjangkau. Di Filipina, Realme Note 50 dijual seharga 3.600 peso atau sekitar Rp 1 juta.

Walau sudah dirilis di pasar global, belum diketahui secara pasti apakah Realme bakal memboyong ponsel seri Note pertamanya ke Indonesia.

Baca juga: Realme Note 50 Resmi Meluncur, Seri Note Pertama Harga Rp 1 Jutaan

Menurut penelusuran KompasTekno, smartphone yang diduga Realme Note 50 sudah muncul di halaman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di halaman TKDN Kemenperin, muncul perangkat bernomor model RMX3834 yang diduga adalah Realme Note 50. Perangkat ini merupakan smartphone seri Note pertama dari RealmeKemenperin Di halaman TKDN Kemenperin, muncul perangkat bernomor model RMX3834 yang diduga adalah Realme Note 50. Perangkat ini merupakan smartphone seri Note pertama dari Realme

Perangkat tercatat dengan nomor model “RMX3834”, didaftarkan oleh PT Bright Mobile Telecommunication.

Di kolom merek tercatat “realme” dan jenis produknya adalah telepon seluler. Di halaman yang sama, perangkat bernomor “RMX3834” sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 36,65 persen.

Hasil dari temuan ini pun memperkuat kedatangan Realme Note 50 ke Tanah Air. Sebab, sertifikasi TKDN merupakan syarat yang harus dipenuhi perusahaan elektronik, termasuk vendor smartphone sebelum memasarkan produknya di Tanah Air. Adapun besaran nilai minimal TKDN yang harus dipenuhi adalah 35 persen.

Baca juga: Realme 12 Pro Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Kamera Telefoto

Maka dari itu, Realme Note 50 digadang-gadang bakal segera dirilis di Indonesia dalam waktu dekat.

Apabila merujuk pada Realme Note 50 versi global, tampilan ponsel ini cukup identik dengan Realme C51, smartphone yang sudah dirilis di Indonesia pertengahan tahun lalu.

Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi lengkap Realme Note 50 versi global yang dirangkum KompasTekno dari situs resmi Realme di Filipina, Selasa (30/1/2024).

Spesifikasi Realme Note 50 versi global

Realme Note 50.GSMArena Realme Note 50.

Realme Note 50 memiliki layar berpanel IPS LCD yang berbentang 6,74 inci. Resolusi layar sudah mencapai HD Plus, refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz dengan tingkat kecerahan hingga 560 nits, berikut dengan poni menyerupai tetesan air untuk menampung kamera depan.

Baca juga: Realme Umumkan Kehadiran Smartphone Seri Note

Di sektor fotografi, konfigurasi kameranya meliputi kamera utama 13 MP dan kamera sekunder beresolusi QVGA. Dua kamera temani satu lampu kilat LED. Dua kamera dan satu LED flash tadi diletakkan dalam sebuah “cincin” menonjol yang diposisikan secara zig-zag.

Realme Note 50 versi global mengandalkan chipset Unisoc T612 untuk menunjang performanya. Chip tersebut memiliki jumlah prosesor delapan inti dengan kecepatan clock hingga 1,8 GHz.

Chip Unisoc T612 dipadankan dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan seluas 64 GB. Soal baterai, Realme Note 50 disokong baterai 5.000 mAh dan mendukung pengisian daya berdaya 10 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka (UI) Realme T Edition. Fitur pendukung lainnya mencakup sertifikasi tahan air dan debu (IP54), colokan jack audio 3,5 mm, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya.

Opsi warna yang ditawarkan adalah Hitam dan Biru. Mengingat Realme Note 50 sudah mengantongi sertifikasi TKDN, nantikan saja kedatangannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com