Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Proses Produksi Smartphone Vivo di Pabrik China, Ada HP Lipat Baru

Kompas.com - 23/02/2024, 10:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone Vivo memamerkan proses produksi ponselnya di fasilitas produksi yang ada di kompleks kantor pusat Vivo di Dongguan, China.

Aktivitas ini berlangsung dalam rangkaian kegiatan Vivo Tech Trip 2024 bersama sejumlah jurnalis Indonesia pada Rabu (21/2/2024).

Secara umum, proses produksi smartphone Vivo sama seperti pabrik ponsel lainnya. Dimulai dari pemasangan aneka komponen ponsel, seperti mainboard, layar, kamera depan, kamera belakang, baterai hingga sasis alias penampang ponsel.

Setelah berbagai komponen disatukan, smartphone Vivo kemudian melewati berbagai pengecekan, termasuk pengecekan layar, kamera, baterai dan lain sebagainya. Proses ini dilakukan untuk memastikan setiap komponen berfungsi dengan baik.

Baca juga: Vivo Klaim Pimpin Pasar Smartphone Indonesia, Pangsa Pasar 19 Persen

Selain memamerkan proses produksinya, Vivo juga menunjukkan bagaimana proses uji ketahanan ponsel. Ada sejumlah pengujian yang dilakukan Vivo untuk aneka model ponsel, termasuk uji jatuh, uji tekanan, serta uji ketahanan tombol.

Yang menarik, ketika perwakilan Vivo menjelaskan rangkaian pengujian smartphone terdapat salah satu ruangan yang dilewati. Jendela ruangan itu ditutup oleh kain, sehingga dari luar ruangan tidak terlihat aktivitas apa yang sedang berlangsung di sana.

Usut punya usut, ruangan itu ditujukan untuk menguji ketahanan smartphone lipat Vivo. Namun tidak jelas bagaimana mekanisme pengujian yang dilakukan perusahaan untuk ponsel model tersebut.

Boleh jadi, pengujian dilakukan dengan membuka dan melipat ponsel berkali-kali.

Ketika KompasTekno bertanya soal apakah ruangan itu ditutup karena ada smartphone lipat baru yang sedang diuji, perwakilan Vivo membenarkan. Namun ia tidak merinci model smartphone yang dimaksud.

Meski modelnya tak dirinci, aktivitas itu sekaligus mengonfirmasi bahwa Vivo sedang menyiapkan smartphone lipat baru.

Menilik riwayat smartphone lipat Vivo sebelumnya, ada kemungkinan perangkat itu adalah penerus dari X Fold 2 atau X Flip. Sebab, kedua ponsel lipat ini diluncurkan bersamaan pada April 2023.

Vivo X Fold 2 dipajang di Vivo Official Store di Uniwalk Mall, Shenzhen, ChinaKompas.com/Lely Maulida Vivo X Fold 2 dipajang di Vivo Official Store di Uniwalk Mall, Shenzhen, China

Rilis X Fold 3?

Rumor yang belum lama ini beredar menunjukkan bahwa Vivo sedang menyiapkan ponsel lipat dengan konsep lipat seperti buku, atau diduga disebut X Fold 3.

Pembocor gadget (tipster) kenamaan Ice Universe membagikan gambar beberapa gambar yang diklaim sebagai ponsel lipat Vivo X Fold 3. Salah satu foto menunjukkan bahwa X Fold 3 bisa terhubung ke komputer Mac dari jarak jauh.

Foto lainnya menunjukkan bahwa separuh layar X Fold 3 bisa difungsikan sebagai keyboard virtual, dan layar lainnya untuk menampilkan konten.

Bocoran gambar Vivo X Fold 3Ice Universe Bocoran gambar Vivo X Fold 3

Dari foto itu pula terlihat bahwa tepi bodi Vivo X Fold 3 tidak begitu melengkung seperti X Fold 2. Vivo juga mengubah posisi kamera depannya menjadi ke pojok kanan. Di X Fold 2, kamera depannya ditempatkan di agak ke tengah.

Baca juga: Menjajal HP Lipat Vivo X Fold 2 dan X Flip Langsung di Toko Resmi Vivo China

Terlepas dari bocoran itu, Vivo belum membagikan apa pun soal ponsel lipat yang sedang dikembangkan perusahaan. Namun menimbang peluncurannya pada tahun lalu jatuh pada bulan April, ada kemungkinan Vivo X Fold 3 juga dirilis di bulan yang sama pada tahun ini. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com