Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft dan OpenAI Dikabarkan Bikin Stargate, Superkomputer AI Terbesar

Kompas.com - 03/04/2024, 15:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Spot

KOMPAS.com - Microsoft dan OpenAI dilaporkan berencana membangun instalasi superkomputer atau data center AI terbesar yang diberi nama “Stargate”. Anggaran yang disiapkan kabarnya mencapai 100 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.590 triliun).

Proyek yang bernilai jauh lebih tinggi dibandingkan kebanyakan data center lain pada umumnya itu diperkirakan bakal didanai sebagian besar oleh Microsoft. Komputer-komputer di dalamnya bakal menampung jutaan chip akselerator AI.

Microsoft dan Open AI sendiri diketahui memang menjalin kemitraan untuk pengembangan kecerdasan buatan. Sebanyak 5 instalasi AI bakal dikembangkan selama 6 tahun ke depan sebagai bagian dari kerja sama kedua pihak.

Baca juga: OpenAI Mau AI Sora Dipakai Bikin Film Hollywood, tapi Langsung Ditentang

Dari kelima instalasi tersebut, Stargate merupakan yang terbesar. Jika semua berjalan lancar, Stargate akan operasional pada 2028.

Untuk sekarang, kedua pihak ditengarai masih mengevaluasi calon pemasok chip AI untuk proyeknya, termasuk di antaranya Nvidia dan AMD. Disebutkan juga bahwa Microsoft sedang menimbang untuk memenuhi kebutuhan dengan memasok hardware buatan sendiri.

Detil lebih lanjut menyangkut hardware yang bakal dipakai dan lokasi kabarnya masih belum ditentukan. Ada kemungkinan Stargate bakal berupa beberapa data center di satu lokasi.

Dikarenakan tugas-tugas komputasi berjumlah besar dan panas yang dihasilkannya, Stargate kemungkinan juga akan memerlukan inovasi baru seperti server rack yang lebih padat dan solusi cooling yang mumpuni.

Baca juga: Demi AI, Microsoft Rekrut Bos Proyek Google DeepMind

Kemitraan Open AI dan Microsoft sudah berlangsung sejak 2019. Kedua pihak sudah membangun sejumlah super komputer AI dalam rangka pengembangan kecerdasan buatan ChatGPT serta teknologi AI generatif lainnya.

Untuk jangka pendek, Microsot sudah menyetujui ekspansi data center senilai 1 miliar dollar AS (Rp 15,9 triliun) di Mount Pleasant, Winconsin, AS, yang bisa berkembang menjadi sistem senilai 10 miliar dollar AS (Rp 159 triliun) untuk mulai beroperasi di 2026.

Secara keseluruhan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Rabu (3/4/2024), nilai semua proyek AI masa depan Microsoft dan Open AI mencapai 115 miliar dollar AS (Rp 1.832 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Spot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com