Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Video Estetik Pakai Slow-Motion di Samsung S24 Ultra, Mudah dan “Sat-set” Banget

Kompas.com - 09/04/2024, 08:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BANGKOK, KOMPAS.com - konser Bruno Mars menggelar konser di Bangkok, Thailand pada 30 Maret lalu. Konser tunggal dari penyanyi kenamaan asal Amerika Serikat itu digelar di Rajamangala National Stadium.

Momen menghadiri konser adalah kenangan yang harus diabadikan. KompasTekno yang berkesempatan hadir di sana membawa Samsung Galaxy S24 Ultra yang dijuluki sebagai “HP Konser” untuk mendokumentasikan momen dengan maksimal.

Kebolehan kameranya sudah terbukti di beberapa konser berskala stadium, seperti Coldplay, Taylor Swift, Ed Sheeran, dan lainnya.

Selain mengabadikan sang bintang utama, Bruno Mars, kami juga turut mendokumentasikan keseruan diri kami yang turut hadir sebagai penonton. Salah satu fitur yang digunakan adalah Slow Motion.

Fitur ini sangat “sat-set” dan mudah digunakan. Hanya dalam hitungan detik, kami bisa mendapatkan video estetik. 

Baca juga: Bawa Samsung S24 Ultra ke Konser Bruno Mars Bangkok, Hasilnya Jernih No Debat

Penonton yang sedang berteduh karena teriknya sinar matahari di Bangkok,Thailand dan menunggu jadwal open gate dibukaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Penonton yang sedang berteduh karena teriknya sinar matahari di Bangkok,Thailand dan menunggu jadwal open gate dibuka

Tim KompasTekno sudah hadir di stadium sekitar pukul 16.00–17.00 waktu Thailand. Saat itu, sinar matahari masih sangat terang dan terik sehingga proses mengambil gambarnya tidak begitu sulit.

Kami juga punya waktu luang sekitar 2–3 jam. Sebab, Bruno Mars baru akan tampil sekitar pukul 19.00 waktu Thailand. Dengan memanfaatkan waktu yang ada, kami pun membuat sejumlah konten untuk mengisi waktu luang, salah satunya memanfaatkan fitur Slow Motion.

Ketika ingin mengakses fitur ini, pertama-tama harus merekam sebuah video seperti biasa dulu. Kami mencoba beberapa gerakan yang lucu untuk di-slowmotion, seperti melompat sambil bergaya di udara, mengibaskan rambut dari bawah ke tas, lalu kanan dan kiri. 

Bila video sudah direkam, Anda hanya perlu memutar ulang video yang sudah direkam tadi. Lalu, tekan dan tahan (tap and hold) bagian video yang diinginkan.

Nantinya, sistem bakal secara otomatis mendeteksi bagian yang dipilih, dan menjadikan bagian video tersebut lebih lambat dibandingkan yang lain.

Bila ingin melakukan sejumlah penyesuaian atau merapikan editan Slow Motion, tinggal klik ikon “pensil” yang ada di bawah layar. Kamera akan beralih ke ruang pengeditan. Klik tombol “Adjust Speed”, dan pilih 1/4.

Baca juga: 6 Alasan Samsung Galaxy S24 Ultra Cocok Jadi HP Andalan Concert Goers

Opsi ini mengindikasikan bahwa dalam hitungan satu detik, terisi empat frame saja sehingga hasilnya bakal lebih lambat ketimbang bagian video yang lain.

Jika sudah mengatur tingkat kecepatannya, akan muncul busur semacam penggaris yang bisa digeser ke kanan dan kiri, ataupun diperbesar. Fungsi busur tersebut menunjukkan bagian video mana saja yang ingin diperlambat. 

Durasi video juga bisa disesuaikan. Apabila hanya ingin bagian yang di buat slowmotion, perkecil video ke bagian slow motion yang sudah ditandai.

Klik ikon titik tiga di kanan atas, pilih “Save as a copy” supaya video asli yang belum diedit juga tersimpan, dan voilà konte Slow Motion sudah jadi.

Sebaliknya, jika Anda tidak ingin bagian yang lain terpotong, setelah menandai bagian yang di-slow motion tadi, Anda bisa langsung klik “Save as a copy” di ikon tiga kanan atas tadi. Video slowmotion Anda sudah siap diunggah dan dipamerkan ke media sosial.

Kemudahan yang ditawarkan kamera Samsung S24 Ultra begitu mempersingkat waktu pengeditan sehingga cocok untuk kreator konten yang ingin meng-upload konten estetik secara instan.

Fitur Slow Motion ini juga mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang diberi nama Galaxy AI. Hal ini yang membuat proses pengeditan menjadi lebih singkat dan efektif.

Hasil foto konser Bruno Mars bisa Anda lihat langsung lewat galeri foto KompasTekno melalui tautan berikut ini.

@kompastekno udah pada tau fitur ini belom? plz jawab gatau, biar gue ga norak sendiri :")) #slowmo #foryoupage #fyp? #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com