Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Melihat DM Instagram Tanpa Read dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 10/05/2024, 16:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa cara yang perlu diketahui pengguna untuk meningkatkan privasi saat mengoperasikan layanan DM (Direct Message) di aplikasi Instagram. Salah satunya seperti cara melihat DM Instagram tanpa read (status pesan sudah dibaca).

Sebagai informasi, Instagram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui pesannya telah dibaca oleh pengguna lain dan sebaliknya. Fitur tersebut hadir di ruang obrolan DM berupa status “seen” atau dilihat.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error “Akun Dinonaktifkan Tidak Dapat Dihubungi” di Instagram

Status tersebut menjadi tanda yang memberitahu pengguna lain bahwa pesannya telah dibaca oleh pengguna sebagai penerima. Untuk sebagian pengguna, tanda pesan telah dibaca atau read di DM Instagram ini mungkin cukup mengganggu.

Pasalnya, pengguna lain yang mengirim pesan jadi bisa seakan mengawasi apakah pesannya telah dibaca pengguna atau belum. Jadi, pengguna akhirnya tidak bisa hanya sekadar melihat pesan yang dikirim pengguna lain.

Lantaran pengguna lain bisa mengetahui pesannya telah dibaca, pengguna jadi perlu untuk membalas pesan yang sebenarnya hanya ingin dilihat. Dalam hal ini, untuk menjaga privasi, pengguna perlu mengetahui cara melihat DM Instagram tanpa read.

Lantas, bagaimana cara agar DM Instagram tidak terlihat sudah dibaca? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membaca DM Instagram tanpa diketahui pengirimnya dengan mudah dan praktis.

Cara melihat DM Instagram tanpa read

Cara melihat DM Instagram tanpa read itu sejatinya cukup mudah. Setidaknya, terdapat tiga cara membaca DM Instagram tanpa diketahui yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, pengguna bisa melihat DM melalui layar notifikasi.

Kemudian, pengguna bisa membatasi akun yang ingin dibaca pesannya tanpa ketahuan. Ketiga, pengguna dapat menonaktifkan tanda pesan telah dibaca.

Adapun penjelasan yang lebih detail dari masing-masing cara membaca DM Instagram tanpa ketahuan itu adalah sebagai berikut.

1. Lihat melalui layar notifikasi

Cara melihat DM Instagram tanpa read yang pertama adalah melalui layar notifikasi. Pengguna bisa mengaktifkan notifikasi pada aplikasi Instagram di HP. Setelah aktif, pesan masuk di Instagram akan muncul di layar notifikasi.

Pengguna bisa melihat pesan tersebut melalui layar notifikasi tanpa membuka aplikasi Instagram. Alhasil, pengguna tak akan meninggalkan jejak saat telah membaca pesan Instagram tersebut.

Baca juga: 2 Cara Melihat Siapa Saja yang Unfollow Akun Instagram Kita

2. Batasi akun

Cara membaca DM Instagram tanpa diketahui yang kedua adalah membatasi akun yang hendak dibaca pesannya. Instagram punya fitur Restricted untuk membatasi akun mengetahui beberapa aktivitas pengguna, termasuk aktivitas telah membaca pesan.

Adapun penjelasan mengenai cara melihat DM Instagram tanpa read dengan membatasi akun adalah sebagai berikut:

  • Buka DM Instagram.
  • Kemudian, pilih salah satu akun yang hendak dibaca pesannya tanpa diketahui.
  • Setelah itu, klik nama akun tersebut yang tertera di bagian atas ruang obrolan.
  • Berikutnya, klik menu “Options” dan pilih opsi “Restrict”.
  • Setelah dibatasi, pesan dari akun tersebut akan dipindahkan ke folder khusus bertajuk “Request” atau “Permintaan.
  • Selain itu, saat sudah dibatasi, akun tidak akan dapat mengetahui jika pengguna sedang online. Akun juga tidak akan dapat mengetahui jika pengguna telah membaca pesannya.

3. Matikan tanda pesan telah dibaca

Cara melihat DM Instagram tanpa read yang ketiga adalah dengan mematikan tanda pesan telah dibaca. Instagram saat ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mematikan tanda “seen” di DM.

Saat tanda pesan telah dibaca dimatikan, pengguna lain tidak akan mengetahui pengguna telah membaca pesannya. Adapun cara melihat DM Instagram tanpa read dengan mematikan tanda “seen” adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Kemudian, buka halaman profil Instagram dan klik ikon garis tiga untuk mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, cari kolom bertajuk “How others can interact with you” dan pilih opsi “Messages and story replies”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Show read receipts”.
  • Terakhir, matikan opsi “Read receipts” dan tanda pesan telah dibaca bakal dimatikan, sehingga pengguna bisa melihat pesan DM tanpa diketahui pengirimnya.

Ilustrasi cara melihat DM Instagram tanpa read.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat DM Instagram tanpa read.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Kolom Balasan di Instagram Stories

Cukup mudah bukan cara membaca DM Instagram tanpa diketahui pengirimnya? Melalui beberapa cara di atas, pengguna dapat menjaga privasi dengan membuat seseorang tidak akan mengetahui jika pengguna telah membaca pesannya.

Cara-cara di atas membuat status “seen” atau telah dibaca tidak akan muncul di pengguna lain saat pengguna sudah membaca pesannya. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat DM Instagram tanpa read dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com