Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Perkenalkan Monitor LCD Dual-mode dan Glossy WOLED Pertama

Kompas.com - 24/05/2024, 15:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Asus, pabrikan periferal dan komponen komputer, kembali memperkenalkan produk baru, kali ini berupa monitor gaming 27 inci yang diklaim menghadirkan "dual mode" pertama di dunia.

Tepatnya, perangkat bernama ROG Strix XG27UCG tersebut bisa mengubah tingkat refresh rate dan resolusinya dari 4K 160 Hz menjadi FHD 320 Hz hanya dengan menekan satu tombol hotkey.

Dengan demikian, penggunanya pun bisa bebas memilih, apakah akan memprioritaskan kualitas tampilan (4K) saat bemain game AAA single player, atau kecepatan respon ketika berkompetisi di game multiplayer (FHD).

Baca juga: AOC Rilis Agon Pro AG246FK, Monitor Gaming dengan Refresh Rate 540 Hz

Asus di laman resminya turut mengungkap bahwa ROG Strix XG27UCG memiliki tipe panel IPS LCD dengan resolusi native 4K (3.840 x 2.160) tingkat kepadatan piksel sebesar 164 ppi serta response time gray-to-gray (GtG) 1 ms.

Monitor gaming Asus ROG Strix XG27UCGAsus Monitor gaming Asus ROG Strix XG27UCG

Rangkaian konektor yang disediakan mencakup USB tipe C dengan Power Delivery, DisplayPort 1.4, dan HDMI 2.1. Selain segelintir informasi ini, belum banyak hal lain yang diungkap oleh Asus mengenai ROG Strix XG27UCG, termasuk jadwal rilis dan hargannya.

Monitor WOLED glossy pertama

Selain ROG Strix XG27UCG, Asus mengumumkan perangkat lain bernama ROG Strix OLED XG27AQDMG yang diklaim sebagai monitor gaming pertama di dunia dengan panel glossy WOLED (White OLED).

Asus mengeklaim bahwa kombinasi panel glossy dengan teknologi OLED terkini di ROG Strix OLED XG27AQDMG mampu menghasilkan warna cerah, gambar tajam, dan hitam yang benar-benar pekat di kondisi cahaya seperti apapun.

Monitor ini juga disebut memiliki tingkat kecerahan hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan monitor-monitor ROG generasi sebelumnya.

Monitor gaming Asus ROG Strix OLED XG27AQDMGAsus Monitor gaming Asus ROG Strix OLED XG27AQDMG

Baca juga: Samsung Perkenalkan Dua Monitor Gaming OLED Layar Datar Pertama

Panel OLED-nya sendiri berukuran 27 inci dengan resolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel, refresh rate 240 Hz, response time GTG 0,03 ms, serta dukungan kompatibilitas G-Sync.

ROG Strix OLED XG27AQDMG turut dibekali dengan adapter daya terpisah dan custom heatsink untuk mengurangi temperatur serta risiko burn-in layar, sehingga memperpanjang umur panel OLED.

Berbeda dari saudaranya yang masih belum jelas, ROG Strix OLED XG27AQDMG akan mulai dipasarkan pada 30 Mei mendatang dengan banderol harga 699 dollar AS atau sekitar Rp 11,3 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Minggu (26/5/2024). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com