Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harddisk Portabel dengan Kapasitas Terbesar di Dunia Rilis di Indonesia

Kompas.com - 24/05/2024, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen media penyimpanan (storage) PC Western Digital (WD) resmi meluncurkan hard disk drive (HDD) portabel 2,5 inci dari seri My Passport dengan kapasitas terbaru.

Ia adalah WD My Passport Ultra, dan seperti namanya, dengan embel-embel "Ultra", HDD portabel ini disebut lebih mumpuni dari HDD WD lainnya lantaran memiliki kapasitas penyimpanan hingga 6 TB (6.000 GB).

Dengan kapasitas tersebut, Director of Product Managemen Western Digital, Nitin Kachhwaha mengeklaim WD My Passport Ultra 6 TB merupakan HDD portabel dengan kapasitas terbesar di dunia.

"Dengan adanya hard drive berkapasitas hingga 6TB dalam bentuk yang kecil, semua orang kini memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk membuat dan menyimpan lebih banyak konten digital dalam satu drive portable," ujar Nitin dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: SSD Eksternal SanDisk Banyak Dikeluhkan Rusak, Western Digital Digugat

Secara spesifikasi, HDD portabel WD My Passport Ultra dibekali dengan konektor USB-C 3.2 Gen 1 yang diklaim memiliki kecepatan transfer data hingga 5 GB per detik (GB/s). 

HDD portabel ini juga mendukung sistem operasi (OS) Windows 10 ke atas, serta teknologi drive NTFS yang memungkinkan pengguna memakai perangkat storage ini di komputer macOS 11 ke atas tanpa harus melakukan format HDD.

Ada pula fitur enkripsi perangkat peras berbasis kata sandi dengan teknologi AES 256-bit untuk menjaga data-data yang ada di dalam perangkat aman dan tidak bisa diakses orang lain.

Pada sektor desain, WD My Passport Ultra memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi dengan angka 109,98 mm x 81,53 mm x 22,1 mm, serta memiliki bobot sekitar 240 gram. 

Baca juga: Awas, Ada Malware yang Menghapus Isi Harddisk WD My Book Live

Untuk ketersediaan, WD My Passport Ultra 6 TB akan tersedia di sejumlah e-commerce mitra Western Digital di Indonesia dengan harga Rp 2.890.000. WD tidak menyebut secara rinci kapan konsumen akan membelinya, namun HDD portabel ini akan hadir sekitar akhir Juni 2024 mendatang. 

Selain WD My Passport Ultra, Western Digital juga akan menghadirkan varian 6 TB untuk dua seri HDD eksternal mereka, yaitu HDD khusus game WD_Black P10 Game Drive dan HDD tahan banting SanDisk Professional G-DRIVE ArmorATD.

Ketersediaa kedua HDD eksternal tersebut, terutama ketersediaannya di Indonesia, akan diumumkan pihak WD dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com