Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone HMD Aura Diam-diam Meluncur, Mirip Seri Pulse Desain Lebih Segar

Kompas.com - 24/05/2024, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pemegang lisensi merek Nokia, Human Movile Devices (HMD) Global diam-diam meluncurkan smartphone Android terbarunya di pasar Australia pada Kamis (23/5/2024).

Perangkat tersebut diberi nama HMD Aura. Smartphone HMD Aura punya spesifikasi yang serupa dengan HMD Pulse. Namun, memiliki desain yang lebih segar.

Pada tampilan belakang, misalnya, dua modul kamera di ponsel ini tidak dimuat dalam modul persegi seperti HMD Pulse, melainkan diletakkan begitu saja sehingga tampak "menempel" dengan bagian cangkang perangkat. 

Salah satu kamera belakang tersebut memiliki resolusi 13 MP. HMD Global tak menyebut berapa resolusi kamera sekunder di HMD Aura. Namun, kamera tersebut berfungsi untuk mempercantik foto dengan efek buram alias bokeh.

Baca juga: HMD Pulse Plus Business Edition Dirilis, Smartphone Bisnis Panjang Umur

Masih di sisi belakang, di sebelah kanan modul kamera, terdapat modul LED flash untuk mendukung fotografi di kondisi minim cahaya, serta sensor pemindai sidik jari (fingerprint). Di bagian tengah punggung perangkat, terdapat logo khas "HMD". 

Beralih ke bagian depan, meski desain punggungnya cukup modern, tampilan depan HMD Aura tampak lawas. Pasalnya, kamera selfie di ponsel ini dimuat dalam "poni" konvensional yang berbentuk seperti huruf "V".

HMD Pulse diketahui memiliki kamera selfie dengan tampilan modul yang lebih baru, yaitu punch hole. Di HMD Aura, kamera selfie ponsel ini memiliki resolusi 5 MP, menurun dari 8 MP di HMD Pulse. 

Ilustrasi HMD Aura.GSMArena Ilustrasi HMD Aura.

Menyoal bagian depan, HMD Aura mengusung layar IPS LCD dengan ukuran 6,56 inci dan resolusi 900 x 1.600 piksel. 

Di sektor performa, HMD Aura ditenagai dengan chipset Unisoc SC9863A1 yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti dengan kecepatan clock maksimal 1,6 GHz. 

Chipset ini dikombinasikan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Kapasitas media penyimpanan bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB. 

Fitur pendukung lainnya yang ada di HMD Aura adalah baterai jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian 10 watt, WiFi 4, Bluetooth 4.2, serta sistem operasi (OS) Android 13. 

Baca juga: Tablet HMD T21 Dirilis, Spesifikasi Mirip Nokia T21

Ponsel ini didukung jaminan pembaruan keamanan hingga dua tahun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (24/5/2024). 

Di pasar Australia, HMD Aura tersedia dalam varian warna Glaciar Green dan Indigo Black, dan dijual dengan harga 180 dolar Australia atau sekitar Rp 1,9 juta.

Belum ada informasi apakah HMD Aura akan dijual di luar pasar Australia atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com