Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poco Pad Meluncur, Tablet Android Pertama Poco

Kompas.com - 24/05/2024, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Sub-merek produsen ponsel Xiaomi, Poco meluncurkan tablet Android pertamanya, Poco Pad di pasar global, Kamis (23/5/2024). Tablet perdana Poco ini meluncur bersamaan dengan rilisnya Poco F6 series.

Poco Pad merupakan versi perilisan ulang (rebrand) dari Xiaomi Redmi Pad Pro keluaran April 2024 lalu.

Sebagai versi rebrand, spesifikasi Poco Pad dan Xiaomi Redmi Pad Pro identik. Perbedaannya terletak pada konfigurasi RAM dan media penyimpanan (storage) serta pilihan warna yang ditawarkan.

Poco Pad dijual dalam konfigurasi RAM/storage tunggal 8 GB/256 GB. Di sisi lain, Redmi Pad Pro ditawarkan dalam dua opsi RAM 6 GB/8 GB dan dua opsi memori penyimpanan 128 GB/256 GB.

Baca juga: Poco F6 dan F6 Pro Meluncur dengan Snapdragon 8s Gen 3, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Untuk pilihan warna, Poco Pad tersedia dalam warna biru (Blue) dan abu-abu (Gray). Sebagai perbandingan, Redmi Pad Pro menghadirkan warna tambahan hijau (Green).

Spesifikasi Poco Pad

Poco Pad resmi meluncur di pasar global. Ini menjadi tablet Android pertama Poco.GSMArena Poco Pad resmi meluncur di pasar global. Ini menjadi tablet Android pertama Poco.
Poco Pad mengusung layar IPS LCD berukuran 12,1 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 680 nits, kerapatan piksel 249 ppi, dukungan 68 miliar warna (12-bit), dan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Dengan tingkat kecerahan ini, pengguna bisa menggunakan tablet dengan nyaman meski di bawah cahaya matahari yang silau. Ada pula fitur DC dimming yang meminimalisasi paparan cahaya flicker yang berbahaya bagi mata.

Layar ini memiliki rasio aspek 16:10. Menurut Poco, layar ini sudah dioptimalkan untuk bekerja dan hiburan.

Bicara soal hiburan, tablet Android pertama Poco sudah dilengkapi empat speaker Dolby Atmos, dan teknologi Dolby Vision untuk meningkatkan kualitas video streaming.

Ketika digunakan untuk streaming, tablet dengan baterai 10.000 mAh ini diklaim bisa bertahan hingga 16 jam. Baterai ini dapat bertahan hingga 18 jam ketika digunakan untuk membaca.

Baca juga: Poco C61 Resmi Meluncur, Spesifikasi Persis Redmi A3

Ada pula teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 33 Watt. Poco mengatakan bahwa setelah diisi dayanya selama 15 menit, tablet ini bisa bertahan 26 jam untuk pemutaran musik.

Untuk jeroan, Poco Pad ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Snapdragon 7s Gen 2 bikinan Qualcomm (4 nm).

Chipset ini mencakup empat inti Cortex-A78 (clockspeed maksimum 2,40 GHz) dan empat inti Cortex-A55 (clockspeed maksimum 1,95 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 710.

Poco Pad dibekali RAM LPDDR4X 8 GB dan storage UFS 2.2 256 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas storage ini hingga 1,5 TB dengan memanfaatkan kartu microSD. Makin besar storage, makin banyak pula file yang bisa disimpan pengguna.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) terbaru Xiaomi, HyperOS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com