Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengurangi Paparan Radiasi dari Smartphone

Kompas.com - 17/06/2024, 11:04 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari sering kali membawa dampak tertentu pada kesehatan, terutama pada mata. Cahaya yang dipancarkan oleh layar ponsel saat penggunaan aktif bisa mempengaruhi kesehatan mata kita.

Radiasi ponsel sendiri merupakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat tersebut. Meskipun gelombang ini tidak berbahaya dalam jumlah kecil, beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi ponsel yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Meskipun penelitian mengenai bahaya paparan radiasi dari smartphone masih terus berkembang dan diperbincangkan, tidak ada salahnya untuk tetap bijak dalam menggunakan ponsel. Menggunakan ponsel dengan aman dapat membantu mengurangi paparan radiasi dan menjaga kesehatan.

Maka dari itu berikut ini KompasTekno merangkum beberapa tips mengurangi paparan radiasi dari smartphone.

Baca juga: 8 Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Hindari menggunakan ponsel saat sinyal lemah

Ketika Anda berada di tempat dengan sinyal ponsel yang lemah (dua atau kurang bar sinyal), ponsel Anda akan meningkatkan keluaran radiasi RF (Radio Frequency) hingga lebih dari 1000 kali lipat untuk mencari menara seluler terdekat.

Selain itu sebaiknya hindari menggunakan ponsel saat sinyal lemah atau di dalam kendaraan logam seperti mobil, bus, kereta api, pesawat, dan lift, karena ponsel bisa memancarkan radiasi dalam jumlah maksimum.

Batasi penggunaan ponsel sebelum tidur

Membatasi penggunaan ponsel sebelum tidur dapat membantu mengurangi paparan radiasi ponsel. Ponsel sendiri memancarkan cahaya biru, yang dapat menekan produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur tidur. Hal ini dapat membuat Anda lebih sulit tidur dan menyebabkan tidur yang tidak nyenyak.

Selain itu radiasi ponsel dapat mengganggu aktivitas otak yang terkait dengan tidur, seperti gelombang otak theta dan delta. Hal ini dapat menyebabkan insomnia dan masalah tidur lainnya.

Jaga jarak dalam penggunaan ponsel

Cara lain mengurangi paparan radiasi ponsel adalah dengan menjauhkan ponsel dari kepala atau tubuh Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan aksesori hands-free/mikrofon berkabel.
  • Kirim pesan teks daripada melakukan panggilan.

Cobalah mengurangi tingkat kecerahan layar

Untuk menjaga jarak dan mengurangi radiasi ponsel, gunakan tingkat kecerahan yang nyaman dengan kondisi pencahayaan. Jika memungkinkan gunakan night mode untuk beberapa aplikasi untuk mengurangi cahaya biru yang dipancarkan dan menganggu tidur.

Demikian beberapa tips mengurangi paparan radiasi dari smartphone. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Daftar Ponsel dengan Radiasi Rendah, Samsung Dominan

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com