BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan DANA

Biar Enggak Boncos, Simak 5 Tips Top Up Game Superhemat dan Menangkan Samsung S23 Ultra

Kompas.com - 18/06/2024, 13:04 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para gamers tentu familier dengan transaksi mikro atau microtransaction yang biasa tersedia di berbagai game online.

Umumnya, microtransaction itu berupa item premium, skin eksklusif, atau fitur tambahan lain yang biasanya tidak tersedia secara gratis.

Selain meningkatkan pengalaman bermain, berbagai item tersebut juga menjadi simbol prestise dan kebanggaan bagi gamers yang memilikinya. Tak heran, banyak gamers yang rela merogoh kocek dan top up untuk mendapatkan item tersebut.

Meski demikian, melakukan top up secara impulsif dan tanpa perencanaan yang matang berisiko mengganggu kondisi finansial. Terlebih, jika gamers membeli banyak item sekaligus dalam sekali top up.

Supaya tetap hemat, simak 4 tip top up ini biar dompetmu enggak boncos.

1. Fokus pada item yang diperlukan

Sebelum melakukan top up, pertimbangkan item apa saja yang kamu butuhkan dalam game. Para gamers kerap tergoda membeli item yang tampak menarik, tetapi sebenarnya tidak dibutuhkan.

Sebagai solusi, kamu bisa membuat daftar prioritas dan fokus pada item yang bermanfaat untuk meningkatkan performa dalam game.

Baca juga: Mengenal Extreme Re-listening, Kebiasaan Memutar Musik Favorit Berulang Kali

Misalnya, kamu bisa memprioritaskan membeli item yang memberikan keuntungan strategis jika memerlukan peningkatan kemampuan karakter.

Sementara itu, jika ingin membeli skin karakter, kamu bisa mempertimbangkan skin yang berbeda dan belum dimiliki. Dengan demikian, kamu bisa mengalokasikan dana sisanya untuk membeli item yang lebih berguna atau bervariasi.

2. Atur anggaran bulanan

Para gamers dapat melakukan top up dengan hemat selama melakukan perencanaan dengan matang. Jika cukup sering melakukan top up, kamu bisa mengatur anggaran bulanan khusus untuk game.

Baca juga: Tak Sekadar Dokumen Perjalanan, Ini 5 Negara dengan Desain Paspor Terunik

Tentukan jumlah uang yang akan dikeluarkan setiap bulan untuk top up dan patuhi anggaran itu. Pastikan anggaran yang ditetapkan sesuai dengan kemampuan finansial dan tidak mengganggu kebutuhan lain.

Dengan memiliki batasan yang jelas, kamu bisa menghindari pengeluaran berlebih yang bisa menguras dompet. Selain itu, anggaran bulanan juga membantumu dalam merencanakan pembelian item yang diinginkan secara efektif dan efisien.

3. Ikuti giveaway dan event

Pengembang game kerap mengadakan giveaway atau event berhadiah item game pada momen-momen tertentu, seperti Hari Natal. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan item dengan harga lebih murah.

Baca juga: Traveler Wajib Tahu, Ini Kelebihan E-Paspor ketimbang Paspor Biasa

Supaya tidak ketinggalan informasi, kamu bisa mengikuti akun media sosial game yang dimainkan. Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas gamer untuk mendapatkan informasi tentang giveaway dan event terbaru.

Dengan bergabung dengan forum game, kamu juga berkesempatan mendapatkan informasi mengenai item yang sering kali tidak diumumkan secara luas.

4. Bandingkan harga di berbagai platform

Harga top up bisa bervariasi di berbagai platform. Sebelum melakukan top up, kamu bisa membandingkan harga di beberapa platform yang tersedia. Pasalnya, sejumlah platform kerap menawarkan top up dengan harga diskon atau bonus tambahan.

Dengan melakukan perbandingan harga, kamu bisa menemukan platform yang memberikan cashback atau poin reward jika melakukan top up. Sisa cashback tersebut dapat kamu tabung untuk pembelian item lain.

Salah satu platform yang sedang melakukan promo spesial adalah DANA. Platform dompet digital ini sedang menyelenggarakan promo berhadiah yang menarik di DANA Games khusus untuk para gamers.

Melalui promo tersebut, para gamers berkesempatan memenangkan Samsung S23 Ultra. Enggak cuma itu saja, gamers juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik tiap minggunya seperti voucer DANA Games Rp 10.000 pada minggu pertama, voucer DANA Games Rp 15.000, voucer DANA Games Rp 20.000, serta grand prize power bank pada minggu kedua dan minggu ketiga.

Pada minggu keempat, gamers berkesempatan mendapatkan voucer DANA Games Rp 50.000 dan Samsung S23 Ultra. Pemenang akan diumumkan di media sosial resmi DANA setiap Rabu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ikuti promonya di DANA Games untuk top up lebih hemat sekaligus menangkan berbagai hadiah menarik. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com