Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Apple Diminta Bungkam soal Radiasi iPhone 12?

Kompas.com - 18/09/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple belum lama ini didesak pemerintah Perancis agar menyetop penjualan iPhone 12 karena radiasi tinggi. Meski sejauh ini Apple tak merespons desakan Perancis di muka publik, perusahaan teknologi ini diam-diam memasang strategi.

Untuk mengatasi itu, menurut laporan terbaru dari Bloomberg, Apple meminta karyawan perusahaan untuk bungkam soal radiasi iPhone 12.

Di lapangan, raksasa teknologi itu menganjurkan tim dukungan teknis agar tidak memberikan informasi apa pun, khususnya ketika konsumen bertanya soal risiko radiasi.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, Motorola Teratas

Tim teknis yang bersinggungan langsung dengan konsumen itu disarankan untuk berkata bahwa mereka "tidak memiliki penjelasan untuk dibagikan", ketika ditanya soal radiasi iPhone 12.

Bila konsumen bertanya "Apakah produk ini aman?", tim dukungan teknis harus menjawab bahwa "Semua produk Apple sudah melalui pengujian yang ketat untuk memastikan produk itu aman, sesuai dengan panduan."

Selain itu, karyawan Apple juga diminta menjelaskan bahwa ponsel yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan atau ditukar, setelah dua minggu dari tanggal pembelian.

Adapun iPhone 12 sudah dihentikan produksinya, utamanya sejak Apple meluncurkan iPhone 15 pada 13 September lalu.

Baca juga: Apple Didesak Setop Jual iPhone 12, Radiasinya Tinggi dan Rentan Diserap Tubuh

Namun pemerintah Perancis juga mengkhawatirkan radiasi yang dipancarkan dari iPhone 12 yang sudah beredar di antara pengguna di negaranya. Untuk itu, Perancis meminta Apple menarik (recall) iPhone 12 atau menggulirkan pembaruan agar mereduksi tingkat radiasi.

Tidak hanya Perancis, sejumlah negara Eropa lainnya juga bersiap mendesak Apple menarik iPhone 12 dengan alasan yang sama, dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (18/9/2023).

Beberapa di antaranya yaitu Jerman, Spanyol hingga Belgia yang mulai menyelidiki potensi risiko kesehatan dari radiasi yang dipancarkan iPhone 12.

Radiasi iPhone 12 di atas standar

Radiasi tinggi iPhone 12 diketahui setelah badan pengawas frekuensi radio Perancis (ANFR) melakukan pengujian terhadap ratusan ponsel termasuk iPhone 12.

Hasilnya, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan iPhone 12 lebih banyak dari batas wajar, sehingga rentan diserap tubuh.

Menurut ANFR, penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh pengguna atau Specific Absorption Rate (SAR) di iPhone 12, mencapai 5,74 watt per kilogram. Adapun simulasi pengujian yang dilakukan adalah dengan menggengam ponsel atau menyimpan ponsel di saku.

ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 ProCNET ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro

Sementara itu, dalam skenario pengujian lainnya, yaitu dengan memberikan jarak 5 sentimeter (cm) dari ponsel ke tubuh manusia, iPhone 12 tercatat punya nilai SAR 2,0 watt per kilogram.

Adapun Eropa menetapkan ambang batas penyerapan energi sebesar atau SAR sebesar 4,0 watt per kilogram. Jadi, iPhone 12 dikategorikan melebihi batas yang ditetapkan Eropa, berdasarkan simulasi ponsel saat digenggam atau ditaruh di saku.

Baca juga: 8 Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com