Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme GT 6 Resmi, Ponsel Chip Snapdragon 8s Gen 3 Pertama di Indonesia

Kompas.com - 21/06/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

MILAN, KOMPAS.com - Realme resmi merilis smartphone flagship teranyarnya, Realme GT 6 secara global, Kamis (20/6/2024). Smartphone ini juga sudah bisa dipesan di Indonesia secara offline.

Realme GT 6 ditenagai System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8s Gen 3, chipset baru yang dirilis Qualcomm bulan Maret 2024 lalu.

"Realme GT 6 hadir dengan fitur yang luar biasa berkat Snapdragon 8s Gen 3, chipset kelas atas dengan processing premium," kata Alvaro Membrillera, PR Manager Realme Spanyol, sebagaimana laporan dari jurnalis KompasTekno, Lely Maulida, langsung dari Milan.

Baca juga: HP Realme GT 6 Meluncur, Chip Snapdragon 8s Gen 3 dan Pakai NextAI

Meskipun baru, sejumlah ponsel sudah ditenagai Snapdragon 8s Gen 3, misalnya Realme GT Neo 6, Xiaomi Redmi Turbo 3, Xiaomi Civi 4 Pro, Honor 200 Pro, dan Poco F6. Ponsel-ponsel ini sudah dirilis secara global, namun belum ada yang hadir di Indonesia.

Nah, oleh sebab itu, Realme GT 6 menjadi cukup spesial karena menjadi smartphone pertama di Indonesia yang ditenagai chipset Snapdragon 8s Gen 3. Sebab, sejauh ini belum ada vendor smartphone lain di Tanah Air yang menelurkan ponsel dengan Snapdragon 8s Gen 3.

Sebetulnya, smartphone Poco F6 yang juga ditenagai chipset yang sama, sudah dipamerkan di Indonesia beberapa hari lalu. Akan tetapi, belum diketahui kapan smartphone tersebut akan dirilis secara resmi di Indonesia.

Chipset Snapdragon 8s Gen 3 merupakan "adik" dari Snapdragon 8 Gen 3, sehingga sejumlah spesifikasinya diturunkan tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Snapdragon 8s Gen 3 membawa hampir semua fitur dari Snapdragon 8 Gen 3, termasuk dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam perangkat (on-device).

PR Manager Realme Spanyol, Alvaro Membrillera saat mempresentasikan Realme GT 6 di acara peluncuran ponsel flagship anyar mereka di Milan, Italia, Kamis (20/6/2024).KOMPAS.com/Lely Maulida PR Manager Realme Spanyol, Alvaro Membrillera saat mempresentasikan Realme GT 6 di acara peluncuran ponsel flagship anyar mereka di Milan, Italia, Kamis (20/6/2024).

AI generatif merupakan algoritma deep-learning yang bisa membuat konten seperti teks, gambar, musik, audio, dan video. Disebut on-device karena pemrosesan AI dilakukan dalam perangkat tanpa bergantung pada server atau cloud.

Baca juga: Layar Realme GT 6 Menyala di Tengah Musim Panas Kota Milan

Chipset Snapdragon ini mendukung model bahasa besar (large language model/LLM) populer seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano, dengan dukungan hingga 10 miliar parameter.

Secara teknis, prosesor berfabrikasi 4 nm ini memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti untuk menunjang performa dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya berkecepatan 2,0 GHz.

Rincian fitur yang dimiliki Snapdragon 8s Gen 3Qualcomm Rincian fitur yang dimiliki Snapdragon 8s Gen 3

Sebagai perbandingan, Snapdragon 8 Gen 3 memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,4 GHz, tiga inti performa Cortex-720 berkecepatan 3,15 GHz, dua inti performa Cortex-720 berkecepatan 2,96 GHz, dan dua inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz.

Artinya, performa Snapdragon 8 Gen 3 lebih unggul dibanding "adiknya".

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 mendukung RAM LPDDR5x 4200 hingga 24 GB (dibanding RAM LPDDR5x 4800 hingga 24 GB di Snapdragon 8 Gen 3), media penyimpanan (storage) UFS 4.0, dan USB 3.1 Gen 2.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 lainnya mencakup triple Image Signal Processor (ISP) 18-bit untuk pemrosesan foto dan video, fitur akselerasi ray tracing berbasis hardware, Wi-Fi 7, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Adu Spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3 dan Snapdragon 8 Gen 3, Ini Bedanya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com