Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Realme GT 6 Meluncur, Chip Snapdragon 8s Gen 3 dan Pakai "NextAI"

Kompas.com - 20/06/2024, 15:40 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

MILAN, KOMPAS.com - Smartphone flagship Realme GT 6 akhirnya resmi meluncur global, termasuk di Indonesia hari ini, Kamis (20/6/2024).

"GT is back. Kali ini, kami totalitas menghadirkan flagship killer yang ditenagai AI, Realme GT6," ujar Vice President dan CMO Realme, Chase Xu di acara peluncuran yang digelar di Superstudio Piu, Milan, Italia.

Jurnalis KompasTekno, Lely Maulida yang meliput langsung acara peluncuran Realme GT 6 di Milan, Italia, melaporkan Realme GT 6 memiliki layar paling terang di dunia, dengan tingkat kecerahan puncak 6.000 nits Hyper Display.

Seperti ponsel Realme GT series sebelumnya, Realme GT 6 dikategorikan sebagai smartphone flagship.

"Realme GT 6 akan jadi premium flagship killer, menghadirkan pengalaman andalan dengan harga yang lebih terjangkau," ujar PR Manager Realme Spanyol, Alvaro Membrillera di kesempatan yang sama.

Oleh sebab itu, smartphone ini dibekali sejumlah spesifikasi tinggi, mulai dari aspek hardware, layar, kamera, dan yang tak kalah penting adalah fitur kecerdasan buatan "NextAI" yang dibangun oleh Realme sendiri.

Pada aspek hardware, Realme GT 6 ditenagai chipset premium terbaru Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8s Gen 3. Dukungan ini diklaim bisa menunjang aktivitas pengguna dalam multitasking di smartphone, walaupun sedang menjalankan tugas berat.

Baca juga: Layar Realme GT 6 Menyala di Tengah Musim Panas Kota Milan

Penggunaan chip itu juga menjadikan Realme GT 6 sebagai ponsel Snapragon 8s Gen 3 pertama yang dirilis di Tanah Air. Sebab, setelah peluncuran global di Milan ini, Realme mengumumkan ketersediaan GT 6 di Indonesia, walau belum dirilis secara resmi di Tanah Air.

Fitur unggulan lain Realme GT 6 adalah layar dengan kecerahan maksimum sampai 6.000 nit, serta kamera 50 MP dengan lensa telefoto. Sebelumnya, Realme GT 5 tidak dibekali jenis lensa telefoto.

Baca juga: Hands-on Realme GT 6 Langsung dari Milan, Layar Terang, Baterai Awet Seharian

Spesifikasi Realme GT 6

Realme GT 6 ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 8s Gen 3 yang baru rilis Maret lalu. Chip ini dirancang dengan fabrikasi 4 nanometer, memiliki CPU dengan clockspeed sampai 3,0 GHz serta GPU Adreno 735.

Di ponsel terbaru Realme, Snapdragon 8s Gen 3 dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan (storage) 256 GB.

Untuk menunjang performa ponsel, Realme GT 6 dilengkapi sistem pendingin ganda, dengan komponen pendingin 10.014 milimeter persegi, agar suhu ponsel tetap stabil bahkan saat bermain game berat.

Realme GT 6 juga menawarkan kapasitas baterai yang besar untuk ponsel flagship, yaitu 5.500 mAh. Disebut besar karena umumnya kapasitas baterai smartphone saat ini, termasuk untuk flagship, mulai dari 4.000 sampai 5.000 mAh.

Baca juga: HP Realme C63 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Pengisian ulangnya didukung teknologi fast charging 120 watt. Dukungan ini diklaim bisa membuat daya Realme GT 6 terisi dari 0-50 persen hanya dalam 10 menit, atau sampai 100 persen dalam 28 menit.

Realme GT 6Kompas.com/Lely Maulida Realme GT 6

Beralih ke aspek desain, tampilan Realme GT 6 didukung layar AMOLED 6,78 inci. Layarnya memiliki tepi melengkung alias curve serta lubang di tengahnya, atau disebut punch hole, untuk menampung kamera depan ponsel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com