Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pro Player Dota 2 Asal Indonesia Ikut Kejuaraan Dunia The International 2024

Kompas.com - 28/06/2024, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tiga pemain e-sports profesional (pro player) dari game Dota 2 asal Indonesia akan bertanding di kompetisi paling bergensi di skena e-sports dunia, yaitu The International (TI) 2024. 

Ketiga pro player asal Tanah Air yang akan berkompetisi di kejuaran dunia Dota 2 untuk 2024 tersebut adalah Tri Kuncoro "Jhocam", Rafli Fathur Rahman"Mikoto", dan Matthew Filemon "Whitemon".

Khusus untuk Jhocam, ini merupakan debut dia di kompetisi e-sports sekelas The International. Sementara itu, Mikoto dan Whitemon masing-masing sudah berkompetisi di ajang The International sebanyak tiga kali. 

Mikoto berpartisipasi dalam The International 2022, The International 2023, dan The International 2024, dan ketiga kompetisi ini ia ikuti bersama organisasi e-sports asal Hong Kong, Talon Esports.

Sedangkan Whitemon mengikuti di ajang The International 2021, The International 2023, dan The International 2024 di tiga tim yang berbeda, yaitu masing-masing adalah T1, TSM, dan Tundra Esports.

Baca juga: Tim E-sports Juara Dunia Dota 2 Bikin Divisi Mobile Legends

Tri Kuncoro alias Jhocam yang debut di The International 2024 lewat Talon Esports.Liquipedia Tri Kuncoro alias Jhocam yang debut di The International 2024 lewat Talon Esports.

Kembali ke Jhocam, dalam debutnya di ajang TI, ia berpartisipasi di TI 2024 bersama dengan Talon Esports. Artinya, ia akan satu tim bersama Mikoto untuk berjuang mendapatkan piala juara pertama The International 2024. 

Sebelum masuk Talon Esports, Jhocam pernah menggawangi beberapa tim e-sports Dota 2, mulai dari Boom Esports ID, T1, Hoyo, Nigma Galaxy SEA, hingga Army Geniuses. 

Namun, kehadirannya di tim-tim e-sports tersebut belum berhasil mengantarkan dia ke ajang The International, dan baru kali ini melalui Talon Esports ia berhasil mencapai panggung yang diimpikan oleh semua pro player Dota 2 itu.

Rencananya, kompetisi TI 2024 akan diselenggarakan pada 4-15 September 2024 mendatang di kota Kopenhagen, Denmark, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Jumat (28/6/2024). 

Baca juga: 90.000 Akun Tuyul Dota 2 Diblokir Valve, Akun Utama Juga Diincar

Kompetisi ini akan diikuti oleh 16 tim e-sports Dota 2 yang berasal dari beberapa negara dan wilayah di dunia, termasuk Talon Esports yang menaungi Jhocam dan Mikoto serta Tundra Esports yang digawangi Whitemon.

Belum diketahui berapa total hadiah The International 2024. Namun apabila berkaca dari ajang The International sebelumnya, hadiah kompetisi TI biasanya mencapai jutaan dollar AS alias miliaran rupiah.

Informasi terbaru mengenai ajang Dota 2 The International 2024 bisa didapatkan melalui media sosial resmi Dota 2, salah satunya Instagram melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com