Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Dikabarkan Bikin Chip AI Sendiri, Gandeng Perusahaan AS

Kompas.com - 27/06/2024, 12:00 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - ByteDance, perusahaan China induk media sosial TikTok, dikabarkan bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Broadcom, untuk mengembangkan chip kecerdasan buatan (AI) bikinan sendiri.

Informasi yang beredar menyebutkan kerja sama ini dilakukan guna membantu ByteDance mengamankan pasokan chip AI di tengah pembatasan ekspor yang diberlakukan pemerintah AS terhadap perusahaan China.

Konon chip AI khusus aplikasi (ASIC) berteknologi 5 nanometer yang sedang dikembangkan oleh ByteDance itu tidak akan melanggar pembatasan ekspor AS. Adapun manufakturnya dikabarkan bakal ditangani oleh pabrikan semikonduktor Taiwan, TSMC.

Menurut sumber yang keterangannya dihimpun oleh Reuters, kerjasama antara ByteDance dan Broadcom ini nantinya dapat memangkas biaya pengadaan dan memastikan pasokan chip yang lebih stabil.

Kabarnya, chip AI tersebut saat ini masih dalam tahap desain, dan produksinya pun dikatakan tidak akan dimulai tahun ini. Baik ByteDance, Broadcom, dan TSMC belum memberi komentar terkait hal tersebut.

Baca juga: TikTok Diam-diam Luncurkan Whee, Medsos Baru Mirip Instagram

Mengamankan chip AI demi TikTok

Mengamankan pasokan chip AI dikatakan sangat penting bagi ByteDance untuk mendukung beragam fitur berbasis kecerdasan buatan di aneka produknya, yakni TikTok dan Douyin alias media sosial TikTok versi China.

Selain TikTok dan Douyin, ByteDance juga dikatakan menggunakan chip AI tersebut guna mengoperasikan aplikasi lainnya, yakni layanan chatbot mirip ChatGPT bernama Doubao yang kini memiliki sekitar 26 juta pengguna.

Sebelumnya, ByteDance dilaporkan memakai berbagai chip Nvidia untuk menyokong teknologi AI, termasuk chip A100 dan H100 yang tersedia sebelum sanksi AS diberkalkukan serta chip A800 dan H800 yang dibuat Nvidia untuk pasar China, walaupun kemudian juga ikut dibatasi.

Bahkan, ByteDance disebut telah mengalokasikan dana sebesar 2 miliar dollar AS (Rp 32,7 triliun) untuk membeli chip Nvidia pada pada 2023. ByteDance juga dikatakan membeli chip Ascend 910B Huawei tahun lalu.

Baca juga: Daftar Gift TikTok Termahal Mulai Rp 5 jutaan - Rp 8 Jutaan dan Cara Belinya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Kamis (27/6/24), saat ini ByteDance pun dilaporkan sedang membuka ratusan lowongan pekerjaan terkait pengembangan chip semikonduktor, termasuk 15 lowongan untuk perancang chip ASIC.

Perusahaan yang memiliki platform media sosial TikTok ini juga dilaporkan tengah mencari sejumalh ahli dari perusahaan chip AI lainnya di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com