Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Diam-diam Luncurkan Whee, Medsos Baru Mirip Instagram

Kompas.com - 19/06/2024, 13:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok diam-diam merilis aplikasi media sosial baru bernama Whee. Berbeda dengan aplikasi utama TikTok, Whee lebih mirip Instagram.

Bisa dibilang demikian karena Whee merupakan aplikasi yang hanya bisa dipakai untuk berbagi foto. Selain itu, foto yang dibagikan juga memiliki format 1:1 alias rasio aspek "kotak", mirip seperti format bawaan unggahan Instragram Feed.

Pantauan KompasTekno, Rabu (19/6/2024), aplikasi Whee ini sudah bisa diunduh (download) di toko aplikasi Android (Play Store) untuk wilayah Indonesia. Aplikasi ini juga tampaknya sudah tersedia di toko aplikasi iOS (iPhone) App Store.

Secara tampilan, Whee hanya memiliki tiga menu utama, yaitu menu atau tab "Chat" untuk berinteraksi via teks (chatting) mirip Direct Message (DM) di Instagram, menu "Camera" yang bisa dipakai untuk mengunggah konten baru, serta menu "Timeline" yang bisa dipakai untuk melihat aneka posting pengguna.

Baca juga: Daftar Gift TikTok Termahal Mulai Rp 5 jutaan - Rp 8 Jutaan dan Cara Belinya

Khusus di menu Timeline, selain melihat posting kerabat lain, pengguna juga bisa membagikan, menuliskan komentar, serta mengirimkan reaksi suka (love) ke foto yang sedang dilihat, sama seperti fitur interaksi yang ada di Instagram.

Nah, jika ditelusuri lebih lanjut, di aplikasi Whee, pengguna tampaknya tidak bisa melihat konten-konten foto orang atau pengguna lainnya yang tidak menjadi teman atau pengikut (followers) mereka.

Ini berbeda dengan Instagram atau TikTok, di mana pengguna bisa mencari konten foto atau video berdasarkan kata kunci (keyword). Sehingga, Whee tidak bisa dipakai untuk mencari beragam konten yang sedang ramai dibicarakan.

Ilustrasi aplikasi Whee milik TikTok yang mirip Instagram.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi Whee milik TikTok yang mirip Instagram.

Keterbatasan fitur ini menandakan bahwa Whee dibuat secara khusus untuk berbagi foto sesama keluarga dan kerabat dekat. Menurut TikTok sendiri, Whee memang ditargetkan bagi para pengguna yang ingin membagikan foto-foto mereka secara instan dan cepat kepada para teman dekatnya.

Belum ada informasi apakah Whee akan terus dikembangkan oleh ByteDance dengan beragam fitur baru di masa depan atau tidak.

Tidak diumbar pula mengapa ByteDance meluncurkan Whee secara diam-diam, terlepas dari fakta bahwa mereka sejatinya sudah memiliki aplikasi TikTok yang memiliki fungsi berbagi foto.

Namun, kehadiran aplikasi Whee semakin menunjukkan bahwa TikTok tak ingin kalah saing dengan Instagram di ranah media sosial.

Sebelum Whee, TikTok juga sudah meluncurkan aplikasi mirip Instagram lainnya yang bernama TikTok Notes, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (19/6/2024). 

Baca juga: Akun Paris Hilton, Sony, dan CNN Kena Hack, Ini Kata TikTok

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membagikan sebuah foto yang disertai dengan caption, sama seperti unggahan Instagram Feed. 

Namun, format atau rasio aspek konten di TikTok Notes lebih bervariasi dari Whee (tidak terpaut di 1:1), dan tampilannya mirip TikTok, namun hanya untuk foto saja, tidak untuk video. 

Saat ini, TikTok Notes hanya tersedia di beberapa negara saja, seperti Kanada dan Australia. Pantauan KompasTekno, aplikasi ini belum tersedia di Play Store maupun App Store di wilayah Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com