Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Sebar Malware ke Pelanggan Penyedot Bandwidth

Kompas.com - Diperbarui 01/07/2024, 09:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechSpot


KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk membatasi torrent, salah satu operator terbesar di Korea Selatan (Korsel), KT Corporation, dituding secara sengaja menyebarkan perangkat lunak berbahaya (malware) ke ratusan ribu pelanggan mereka.

Torrent merupakan teknologi berbagi file Peer-to-Peer (P2P), yang memungkinkan pengguna mengunduh dan mengunggah file berukuran besar dengan cepat.

Namun dari sudut pandang penyedia layanan internet (ISP) alias operator, torrent sangat membebani jaringan internet, menyedot bandwidth, dan ikut meningkatkan biaya operasional.

KT Corporation dilaporkan menanamkan malware di komputer pelanggannya yang menggunakan layanan Grid Webhard, sebuah platform untuk berbagi file yang didukung bittorrent. Jumlah pelanggan yang terdampak mencapai kisaran 600.000.

Baca juga: Waspada Pesan Palsu di Google Chrome, Bisa Jadi Malware

Dengan malware tersebut, KT Corporation diduga mengakses dan memanipulasi data di komputer pelanggan untuk membatasi traffic torrent. Apabila terbukti benar, tindakan operator internet ini kemungkinan melanggar hukum.

Kepolisian Gyeonggi Selatan di Korsel telah melakukan investigasi serta menggeledah data center dan kantor KT Corporation, meyakini bahwa penanaman program jahat tersebut merupakan upaya peretasan terorganisir.

KT Corporation dicurigai mengoperasikan tim khusus yang menanam malware untuk mengganggu proses transfer file torrent pelanggan mereka

Tim itu disinyalir terdiri dari bagian ''pengembang malware'', ''distribusi dan operasi'', dan bagian ''penyadapan'' yang tugasnya mengamati data yang dikirim dan diterima oleh pengguna KT secara langsung.

Kabarnya, atas tindakan tersebut, pihak Kepolisian Gyeonggi Selatan mengatakan bahwa KT telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Rahasia Komunikasi dan Undang-Undang Jaringan Informasi dan Komunikasi.

Baca juga: Dalang Jaringan Penyebar Malware Terbesar Dunia Ditangkap, Punya 19 Juta Komputer

Sebelumnya, pada 20202, KT Corporation juga permah bermasasalah dengan Webhard yang kemudian berujung ke pengadilan, , sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TorrentFreak, Sabtu (29/6/2024).

Saat itu, KT diketahui membatasi bandwidth pada layanan Grid milik Webhard. KT beralasan bahwa sebagian besar pengguna Grid Webhard yang menggunakan layanan merekatelah membebani jaringan.

Pengadilan akhirnya memutuskan untuk mendukung KT dengan alasan bahwa Webhard tidak membayar biaya penggunaan jaringan KT untuk sistem P2P, serta tidak menjelaskan kepada penggunanya bagaimana cara kerja layanan Grid secara jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com