Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Joki Strava di Media Sosial, Apa Itu?

Kompas.com - 04/07/2024, 16:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) khususnya X (dulu Twitter), warganet ramai membicarakan soal joki Strava. Keramaian pembicaraan itu terjadi ketika muncul jasa joki Strava di X.

Setelah itu, banyak warganet yang membuat lelucon dengan adanya fenomena jasa joki Strava. Salah satunya seperti akun dengan handle @hahahiheho, sebagaimana yang tercantum di bawah ini.

Baca juga: Cara Cek Khodam Online yang Lagi Ramai di Medsos, Cuma buat Hiburan

Akun itu membuat twit lelucon bahwa dirinya membuka jasa joki Strava dengan mencantumkan gambar peta dan capaian aktivitas berlarinya. Namun, lucunya peta yang dicantumkan bukan peta dari daerah asli, melainkan peta game GTA San Andreas.

Selain akun tersebut, ada pula akun dengan handle @degodenzonen yang membuat lelucon soal joki Strava di medsos. Akun tersebut menunjukkan gambar seorang joki Strava andalannya, tetapi orang itu adalah Joko Kendil alias Kusnan, musafir yang sempat viral.

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat keramaian pembicaraan joki Strava ini di medsos. Dari keramaian ini, lantas sebenarnya apa itu joki Strava? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan joki Strava yang ramai di medsos.

Apa itu Joki Strava?

Berdasarkan pembicaraan yang terjadi di medsos X, joki Strava merupakan seseorang yang membuka jasa untuk mendapatkan capaian tertentu di aplikasi Strava. Sebagai informasi, aplikasi Strava merupakan aplikasi olahraga untuk mencatat capaian aktivitas pengguna.

Aktivitas itu bisa berlari, bersepeda, atau mendaki. Tiap melakukan aktivitas tersebut, aplikasi Strava bakal mencatatkan beberapa capaian pengguna, seperti waktu yang ditempuh, jarak yang ditempuh, dan rute yang dilewati.

Joki Strava hadir untuk membantu pengguna mendapatkan capaian aktivitas olahraga. Jadi, dengan joki Strava, pengguna bisa mendapatkan status capaian aktivitas olahraga tanpa harus melakukannya langsung.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Avatar Karakter Doraemon yang Lagi Ramai di Medsos

Penyedia joki yang akan melakukan olahraga dan menghasilkan status capaian aktivitas di aplikasi Strava untuk dibagikan ke pengguna jasa. Kehadiran jasa joki Strava ini banyak dianggap aneh oleh warganet karena hanya menjadi sarana mencari validasi.

Misalnya, akun dengan handle @fsapradana yang berkomentar jika fenomena joki Strava bisa muncul karena olahraga hanya sekadar menjadi ajang ikut-ikutan dan mencari pengakuan sosial.

Dengan joki Strava, pengguna tidak benar-benar berolahraga sendiri, melainkan menggunakan jasa hanya untuk mendapatkan pengakuan dari capaian yang dihasilkan. Itulah penjelasan soal joki Strava yang ramai di medsos.

Lantas, sebenarnya apa itu aplikasi Strava yang lagi ramai dijadikan alat untuk membuka jasa joki? Jika tertarik untuk mengenalnya, silakan simak penjelasan aplikasi Strava di bawah ini.

Mengenal Strava

Sebagaimana sempat disinggung di atas, Strava adalah aplikasi olahraga yang memiliki kemampuan utama untuk mencatat capaian aktivitas pengguna. Strava menyediakan fitur buat mencatat aktivitas olahraga lari, bersepeda, dan mendaki.

Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2009. Kini, Strava cukup populer di kalangan pelari dan pesepeda. Strava dapat mencatatkan capaian aktivitas olahraga yang dilakukan pengguna seperti waktu yang dibutuhkan, jarak yang ditempuh, dan kecepatan pergerakan.

Ilustrasi aplikasi Strava.App Store Ilustrasi aplikasi Strava.

Kemudian, dengan data GPS, rute perjalanan atau pergerakan pengguna selama olahraga juga bisa terdeteksi di aplikasi Strava. Capaian aktivitas olahraga dari pengguna yang dihasilkan Strava itu nantinya bisa dibagikan ke media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com