Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Pertama, Threads Milik Zuckerberg Punya 175 Juta Pengguna Aktif

Kompas.com - 05/07/2024, 17:05 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial berbasis teks buatan Meta, yaitu Threads genap berumur satu tahun. Layanan mirip X (dahulu Twitter) ini pertama kali diumumkan pada 5 Juli 2023 lalu.

Selang satu tahun, jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) Thread kini diklaim sudah menembus angka 175 juta pengguna. Pencapaian ini diumumkan oleh CEO Meta (induk Facebook, Instagram, WhatsApp), Mark Zuckerberg lewat unggahan terbarunya di akun resmi Threads dia dengan handle @zuck.

Angka pengguna aktif bulanan Threads ini meningkat dari MAU pada Februari dan April lalu. Kala itu, jumlah pengguna aktif bulanan Threads di dua bulan tersebut masing-masing berkisar di angka 130 juta dan 150 juta pengguna.

Jumlah pengguna aktif bulanan Threads ini jauh lebih sedikit dibanding kompetitornya, yaitu X (dahulu Twitter).

Pada Mei lalu, pemilik X, yaitu Elon Musk mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan Twitter sudah mencapai angka 600 juta pengguna. Menurut Elon Musk, setengah dari angka tersebut, atau sekitar 300 juta pengguna, merupakan pengguna aktif harian (daily active user/DAU)

Namun, terbilang wajar apabila jumlah pengguna aktif bulanan Threads lebih sedikit dari X. Sebab, Threads baru berumur satu tahun, dan jumlah pengguna aktif bulanan bisa saja bertambah jika media sosial tersebut masih aktif dan digandrungi lebih banyak orang di masa depan. 

Baca juga: Sejak Dibeli Elon Musk, Pendapatan X Twitter Terus Anjlok

Di sisi lain, Twitter meluncur pertama kali pada 2006 lalu dan kini sudah berumur sekitar 16 tahun. Sehingga, masuk akal saja apabila total pengguna aktif bulanan media sosial berbasis teks milik Elon Musk ini memiliki angka MAU tiga kali lipat lebih banyak dari Threads.

Kembali ke pencapaian Threads, Meta juga mengumumkan sejumlah hal lainnya di tahun pertama media sosial kompetitor Twitter tersebut.

Dua di antaranya adalah total unggahan Threads yang mayoritas (63 persen) berbasis teks, serta jumlah tanda pagar (tagar) alias tags yang sudah menembus angka 50 juta tags, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (5/7/2024).

Adapun pencapaian Threads di tahun pertama ini kabarnya dipicu oleh berbagai hal, mulai dari integrasi dan promosi Threads di Instagram, serta kehadiran banyak fitur baru Threads yang digelontorkan dalam beberapa waktu belakangan.

Baca juga: Postingan Threads Bisa Di-swipe Kanan-Kiri Layaknya Tinder

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com