Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti “Second Choice”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Digunakan di Medsos

Kompas.com - 27/06/2024, 10:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak bahasa gaul yang biasa digunakan di media sosial (medsos). Salah satunya adalah istilah second choice. Belakangan, istilah second choice ramai digunakan pengguna di berbagai medsos, seperti X (dulu Twitter), Instagram, atau TikTok.

Baca juga: Arti “Rating Things I Did”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Medsos

Saking ramainya digunakan, sebagian besar dari Anda bisa jadi sering melihat istilah tersebut berseliweran di linimasa medsos. Dalam hal ini, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui arti dari istilah yang tengah ramai dipakai di medsos itu.

Lantas, apa itu second choice? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai arti second choice sebagai bahasa gaul yang tengah ramai digunakan di medsos.

Arti second choice sebagai bahasa gaul di medsos

Istilah second choice sebenarnya bukanlah istilah yang baru-baru muncul. Meski telah lama ada, istilah ini kembali ramai digunakan beberapa waktu belakangan. Tak dapat diketahui secara pasti apa yang menyebabkan istilah ini ramai dipakai kembali.

Di medsos, istilah second choice biasa digunakan dalam konteks pembicaraan mengenai hubungan sosial, terutama hubungan percintaan dan pertemanan. Banyak pengguna yang memakai istilah ini saat berbicara tentang adanya kompetisi atau persaingan di hubungan itu.

Baca juga: Arti Kata “Lup”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Lalu, apa yang dimaksud dengan second choice? Untuk diketahui, second choice merupakan isitlah dalam bahasa Inggris yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, arti secara harfiahnya adalah pilihan kedua.

Namun, jika dilihat dari arti harfiah tersebut, arti second choice rasanya kurang sesuai dengan kebiasaan penggunaannya di medsos.

Bila dikontekstualisasikan dengan kebiasaan penggunaan di medsos, arti second choice adalah ungkapan untuk menyebut seseorang yang hanya menjadi pilihan kedua, bukan sebagai pilihan utama atau prioritas, dalam sebuah hubungan.

Dengan arti tersebut, istilah second choice digunakan untuk menyebut seseorang yang dalam kondisi, misalnya, tengah berupaya keras mendekati atau merebut hati calon pasangannya, tetapi tidak terlalu digubris.

Alhasil, dianggaplah seseorang itu sebagai second choice karena tidak mendapat prioritas di hati calon pasangan yang diincarnya. Arti second choice yang demikian membuat isitilah ini kerap dipakai membicarakan persaingan dalam hubungan percintaan atau pertemanan.

Baca juga: Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Jika terdapat pengguna yang memakai istilah second choice di medsos, itu berarti mereka tengah ingin mengungkapkan bahwa dirinya atau mungkin orang lain hanyalah sebagai pilihan kedua atau bukan pilihan utama dalam persaingan hubungan.

Itulah penjelasan mengenai arti second choice sebagai bahasa gaul yang belakangan ramai digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com