Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Migrasi Televisi Digital di AS Ditunda 4 Bulan

Kompas.com - 09/02/2009, 16:32 WIB

 

WASHINGTON, SENIN - Para pemilik televisi analog di AS akhirnya tidak harus mengubah siarannya sepenuhnya menjadi televisi secara digital. Kongres AS menundanya hingga empat bulan mendatang.

Para pengambil keputusan di beberapa perusahaan jaringan televisi raksasa di AS seperti CBS Corp, General Electric Co's NBC, dan Walt Disney Co's ABC menyatakan akan menayangkan siaran analog mereka hingga ada deadline baru untuk perubahan siaran nasional televisi dari analog ke format digital.

Michael Copps, perwakilan dari Federal Communications Commision mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pemilik stasiun televisi yang hadir pada pertemuan nasional membahas transisi penyiaran analog ke tv digital tersebut pekan lalu.

Perusahaan jaringan berita lain seperti News Corp's Fox Network, misalnya, juga menyutujui hal tersebut. Mereka menyatakan akan tetap melakukan siarannya dalam format analog. Sementara itu, Gannett Co and Hearst-Argyle Television menuturkan, sebagian besar stasiun mereka akan tetap bersiaran dengan sinyal lama mereka.

Keputusan penundaan itu dikeluarkan setelah voting memutuskan untuk menunda migrasi analog ke digital dari 12 Juni 2009 dari jadwal yang semula tanggal 17 Februari. Alasan penundaan tersebut karena masih banyak juga masyarakat di beberapa negara bagian AS yang belum bisa mengakses televisi secara digital karena latar belakang ekonomi.

Senat telah sepakat memutuskan untuk menyetujui penundaan itu pada akhir bulan ini. Presiden Barack Obama diharapkan segera menandatangi rancangan undang-undangan penundaan tersebut.(RTR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com