Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Kecewa, Indonesia "Menggema" di Medsos X Korea Selatan

Kompas.com - 26/04/2024, 10:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Timnas sepakbola U23 Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024) atau Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Timnas U23 Indonesia meraih kemenangan lewat adu penalti dengan skor 10-11, setelah bermain imbang 2-2 pada pertandingan penuh dan babak tambahan, dengan total waktu sekitar 120 menit. 

Momen kemenangan Indonesia ini menjadi perbincangan hangat warganet Korea Selatan, sampai-sampai menjadi trending topic di media sosial X (dahulu Twitter) di sana. 

Pantauan KompasTekno di situs web pemantau trending topic di X, yaitu trends24, Jumat (26/4/2024) pagi, kata kunci yang berkaitan dengan Indonesia dan pertandingan semalam, seperti kata "Indonesia" hingga "adu penalti" (setelah diterjemahkan dari bahasa Korea ke bahasa Indonesia) ramai dibicarakan warganet asal Korea Selatan di X selama beberapa jam terakhir. 

Secara garis besar, netizen Korea banyak yang kecewa timnas-nya kalah dari Indonesia, lantaran pelatihnya dianggap tak pantas untuk melatih timnas U23 Korea Selatan. Salah satu yang berujar demikian adalah pengguna X dengan handle @__19920708.

Selain kecewa dengan pelatih timnas U23 mereka, banyak warganet Korea Selatan juga mengutarakan kekesalannya. Sebab, kekalahan ini membuat Korea Selatan dipastikan tak lolos ke ajang Olimipiade. 

Salah satu warganet Korea Selatan yang mengekspresikan kekesalannya adalah pengguna X dengan handle @xhewwo. Dalam twitnya, dia mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Korea Selatan tak lolos Olimpiade sejak Olimpiade 1988.

Meski banyak yang kecewa dan marah, tak sedikit pula warganet yang banyak memberikan selamat kepada timnas U23 Indonesia yang menang atas timnas U23 Korea Selatan.

Salah satu pengguna yang memberikan selamat adalah pengguna X dengan handle @takesthinstride. Dalam bahasa Korea, ia memberikan selamat kepada Indonesia, beserta pelatihnya, Shin Tae-yong yang sukses melaju ke ajang Semifinal Piala Asia U23 2024. 

Terkait Shin Tae-yong, salah satu warganet Korea Selatan di X, yaitu dengan handle @KazuLoveAll, juga membagikan sebuah video lucu yang memperlihatkan pelatih timnas U23 Indonesia tersebut berjoget. 

Ia mengatakan bahwa video ini, yang merupakan iklan Shin Tae-yong mempromosikan mie instan merek Korea Selatan, merupakan selebrasi Shin Tae-yong setelah menang atas negara asalnya sendiri, Korea Selatan. 

Baca juga: Tahukah Mengapa Trending Topic Identik dengan Hashtag?

Menang lewat adu penalti

Ramadhan Sananta dan para pemain Garuda Muda merayakan kemenangan di duel perempat final Piala Asia U23 2024 timnas U23 Indonesia vs Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024).DOK PSSI Ramadhan Sananta dan para pemain Garuda Muda merayakan kemenangan di duel perempat final Piala Asia U23 2024 timnas U23 Indonesia vs Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024).

Seperti diwartakan sebelumnya, laga Korea Selatan vs Indonesia dalam babak 8 besar Piala Asia U23 2024 bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (25/4/2024) atau Jumat (26/4) dini hari WIB.

Partai "Taegeuk Warriors" dengan "Garuda Muda" harus diperpanjang ke masa extra time, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 pada waktu normal berdurasi 90 menit.

Indonesia berhasil unggul 2-1 terlebih dahulu di paruh pertama melalui "brace" Rafael Struick (15', 45+3'). Sementara, gol balasan bagi Korsel tercipta melalui aksi "bunuh diri" Komang Teguh (45' b.d) dan Jeong Sang-bin (84').

Kedua tim terpaksa harus bermain di babak tambahan dengan waktu sekitar 30 menit. Namun, tidak ada juga gol yang tercipta di babak ini, sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti

Dalam momen penentuan tersebut, Indonesia menang atas Korea Selatan dengan skor 10-11, dan sukses melaju ke babak Semifinal Piala Asia U23 2024.

Baca juga: Diserbu Warganet Indonesia, Akun Instagram Timnas Thailand Tutup Kolom Komentar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com