Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Siapkan Jalur Evakuasi

Kompas.com - 24/04/2009, 22:30 WIB

PEMALANG, KOMPAS.com — Tim SAR Kabupaten Brebes dan Tegal, Jawa Tengah, menyiapkan jalur evakuasi untuk mengantisipasi apabila terjadi letusan Gunung Slamet, yang mengharuskan dilakukannya evakuasi warga. Hingga saat ini, Gunung Slamet masih berstatus siaga.

Koordinator Tim SAR Brebes, Adhe Dani Raharjo, Jumat (24/4), mengatakan, pihaknya akan segera memetakan jalur evakuasi untuk mengantisipasi apabila diperlukan proses evakuasi warga. Tempat pengungsian diusahakan masih dalam satu desa, tetapi apabila tidak memungkinkan akan dicarikan tempat di desa lain.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat Kabupaten Tegal Bambang Puji Waluyo mengatakan, hingga saat ini belum dilakukan evakuasi terhadap warga. Warga masih beraktivitas seperti biasa.

Meskipun demikian, pihaknya telah menyiapkan dua lokasi pengungsian, yaitu di Desa Buniwah, Kecamatan Bojong dan di Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa. Lokasi tersebut luas dan memiliki sarana air bersih yang memadai, dekat dengan puskesmas, serta mudah terjangkau.

Selain dari pemerintah, Polres Tegal juga menyiapkan dua peleton pasukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Kepala Polres Tegal Ajun Komisaris Besar Wahyu Handoyo mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan pos pengamatan dan pemerintah setempat untuk memantau perkembangan aktivitas Gunung Slamet.

Selain itu juga disiapkan peralatan evakuasi, di antaranya kendaraan, tenda peleton, dan dapur lapangan. Saat ini, masyarakat diminta untuk waspada. Apabila status Gunung Slamet dinyatakan awas, mereka harus segera dievakuasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com