Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ericsson Mungkin Abaikan Android Froyo

Kompas.com - 15/10/2010, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang gemes dengan Sony Ericsson yang tidak segera memperbarui smartphone berbasis Android buatannya ke versi yang paling mutakhir. Bahkan, vendor handset ini kemungkinan mengabaikan versi terbaru saat ini Android 2.2 atau disebut Froyo dan langsung melompat ke versi berikutnya.

"Kami tetap ingin menjadi yang terdepan. Tapi, kalau perbedaan versi software tak terlalu mempengaruhi konsumen, bisa jadi Android 2.2 dilewati," kata Samudro Seto, Product Group Marketing Manager Sony Ericsson Indonesia, saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (14/10/2010). Tahun depan, kata seto, Sony Ericsson berharap dapat menghadirkan smartphone Android di pasar dengan software termutakhir.

Ia mengatakan, dari pengalaman yang terjadi di pasaran saat ini, penjualan smartphone Android buatan Sony Ericsosn memang tak terlalu terpengaruh dengan versi software yang ditawarkan, Meski menggunakan versi Android lama, penjualannya tetap sesuai harapan.

Empat seri smartphone Android yang telah dikeluarkan Sony Ericsson memang semuanya masih menggunakan versi jadul. Keempat seri tersebut, masing-masing X10, X10 Mini, X10 Mini Pro, dan X8, semuanya masih menggunakan versi Android 1.6 alias Donut. Padahal vendor lain telah menggunakan versi di atasnya Android 2.1 alias Eclair bahkan dua versi di atasnya Android 2.2 atau Froyo.

"Perbedaan versi software ternyata tak mempengaruhi penjualan handset Android kami. X10 masih laku meski penjualannya semakin menurun karena sudah setahun, X10 Mini pro dan X10 Mini Pro yang dilengkapi keypad QWERTY masih tinggi penjualannya. kami juga yakin X8 dapat diterima," ujar Samudro Seto.

Meski semua produknya dirancang dapat di-upgrade, toh sampai saat ini Sony Ericsson masih tak bergeming. rencana upgrade bulan Oktober ini kembali ditunda dan paling cepat baru akan disediakan mulai November mendatang. Langkah yang lambat ini pun banyak dikritik, namun Sony Ericsson tak ambil pusing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com