Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Taiwan Kuasai Pabrik LCD Hitachi

Kompas.com - 27/12/2010, 22:16 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan asal Taiwan, Hon Hai Precision Industry Co berencana membeli saham mayoritas milik Hitachi Displays Ltd yang merupakan unit usaha profdusen layara LCD dari Hitachi Ltd. Nilai kesepakatan yang disetujui adalah 1,2 miliar dollar AS.

Hitachi berencana menggunakan dana penjualan saham untuk membangun pabriknya di Jepang. Pabrik inilah yang akan memasok ke Hon Hai sebagai salah satu produsen terbesar LCD untuk iPhonedan iPad dari Apple.

"Hitachi terus mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa memperkuat usaha," ujar juru bicara Hitachi, Atsushi Konno, Senin (27/12/2010). Saham Hitachi naik 0,3 persen di 409 yen pada pembukaan transaksi tadi pagi.

Jika pengalihan saham ini mulus, Hon Hai akan menduduki peringkat kedua pembuat LCD berukuran kecil dan menengah. Sebelumnya Hon Hai yang merupakan anak perusahaan raksasa elektronika China Foxconn juga mengakuisisi Chimei Innolux Corp, perusahaan LCD asal Taiwan. Kombinasi ini membuat Hon Hai akan menjadi penguasa LCD dengan market share sebesar 17,3 persen, melampaui pangsa pasar Sharp Corp.(Kontan/Dyah Megasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com