Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tahun Baru

Kenaikan Trafik SMS Diperkirakan Paling Tinggi

Kompas.com - 31/12/2010, 19:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramainya pesta dan perayaan menyambut pergantian tahun diperkirakan bakal memicu lonjakan trafik telekomunikasi. Trafik SMS kemungkinan paling tinggi lonjakannya dibanding trafik suara, MMS, dan data.

Telkomsel memperkirakan trafik SMS pada tahun baru kali ini melonjak di atas 100 persen dibandingkan trafik SMS hari normal. Data yang dilansir operator telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut, trafik SMS pada malam tahun baru lalu 950 juta SMS. Tahun ini diperkirakan naik 130-140 persen dari trafik SMS normal di hari biasa yang rata-rata 763 juta SMS.

Untuk mengantisipasinya, operator tersebut telah menyiapkan seluruh elemen jaringan melalui peningkatan kualitas jaringan dengan kapasitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan. Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, dalam siaran persnya, mengatakan bahwa penyiapan berbagai elemen jaringan merupakan hal yang utama dan menjadi salah satu agenda utama tahunan Telkomsel untuk tetap memberikan layanan terbaik.

Dengan kapasitas SMSC (Short Message Service Center) menjadi 80.000 SMS perdetik saat ini dari 60.000 SMS perdetik di tahun 2009, Telkomsel optimistis melonjaknya trafik masih dapat ditangani. Tim khusus yang bertugas mulai H-7 hingga H+7 untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi selama Tahun Baru juga telah disiagakan.

Untuk kenaikan trafik suara diperkirakan naik antara 10-15 persen dari 960 juta menit rata-rata hari normal. Trafik suara tahun baru lalu 840 juta menit per hari. Untuk trafik data, diperkirakan naik 30-40 persen dari trafik harian 63 terra bytes tahun lalu. Trafik data jauh di atas trafik tahun baru 2010 lalu yang hanya 28 terra bytes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com