Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Domain .id Sempat Tak Bisa Diakses

Kompas.com - 06/01/2011, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Situs-situs yang menggunakan alamat internet Indonesia berakhiran .id sempat tak dapat diakses, Rabu (5/1/2011). Hal itu terjadi karena masalah pada sistem pengelola domain tersebut.

"Terjadi database corrupt pada sistem Pandi (Pengelola Domain Internet Indonesia) dan sudah berhasil diatasi," demikian informasi di Twitter penggiat internet Valens Riyadi mengutip pernyataan Irvan Nasrun, Kepala Bidang Domain Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Menurut Valens, di sistem Pandi sempat dilakukan update database pada Selasa malam, tetapi gagal sehingga corrupt. Karena itu, pada Rabu siang database yang lama kembali di-recover sehingga bisa normal kembali.

Pandi sendiri belum mengeluarkan penjelasan resmi tentang tidak dapat diaksesnya alamat domain .id. Melalui situs webnya, Pandi hanya meminta maaf atas ketidaknyamanan karena alamat situs web dengan domian .id tidak dapat diakses sejak Rabu pukul 10.00.

Salah saeorang blogger, Priyadi, dalam tulisan pertamanya tahun ini di blog www.priyadi.net sempat melacak penyebab gagalnya akses ke situs berdomain .co.id kemarin. Domain .co.id yang ditujukan bagi perusahaan bisa disebut domain yang paling banyak dipakai di Indonesia. Dalam pengujian ke empat domain name server yang dilakukannya, hanya dua yang aktif sehingga peluang bisa mengakses situs beralamat .co.id saat itu 50 persen.

Valens menyebut bahwa matinya domain .id merupakan salah satu bencana internet terparah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com