Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Life Tools Tambah Info Kesehatan

Kompas.com - 05/05/2011, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyediakan layanan informasi pertanian, pendidikan, dan hiburan, Nokia Life Tools kini menambah layanan informasi kesehatan. Layanan tersebut untuk memudahkan pengguna mengakses berbagai informasi kesehatan melalui aplikasi yang tertanam pada ponsel.

Nokia Life Tools yang telah ditanam di sejumlah tipe ponsel dirancang untuk memberikan akses informasi ke masyarakat lebih luas khususnya masyarajat kelas menegah ke bawah. Maka, layanan ini tidak perlu membutuhkan akses GPRS sehingga informasi dikirimkan melalui pesan singkat (SMS).

"Diperkirakan jumlah pengguna ponsel di dunia telah mencapai angka 3,7 miliar orang, namun 1,2 miliar dari jumlah pengguna tersebut tidak memiliki web browser di ponselnya. Akses yang dimiliki terbatas pada telepon dan SMS," ujar Jawahar Kanjilal, Global Head Nokia Life Tools, Emerging Markets, Nokia di Jakarta, Rabu (4/5/2011) beralasan.

Nokia Life Tools adalah layanan informasi berlangganan yang dirancang khusus untuk negara berkembang, termasuk Indonesia, untuk menawarkan informasi yang mencakup info kesehatan, pertanian, pendidikan, dan hiburan. Pengguna ponsel Nokia bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Nokia Life Tools yang telah tertanam di ponsel.

Setelah mengikuti petunjuk dan mendaftar, setiap harinya pengguna akan mendapatkan SMS yang berisi informasi yang diinginkan sesuai dengan paket berlangganan yang dipilih. Misalnya memilih layanan kesehatan, maka informasi yang dikirim melalui SMS setiap harinya hanya berisi tentang kesehatan.

"Dari pengalaman saya ke berbagai pelosok daerah di Indonesia seperti Kalimantan dan Papua, banyak orang sudah memiliki handphone, tapi hanya sebatas SMS dan telepon. Akses mereka akan informasi sangat terbatas, sehingga meskipun saya membawa majalah yang sudah terbit enam bulan yang lalu, masih disambut antusias oleh mereka. Mudah-mudahan dengan adanya Nokia Life Tools dengan beragam layanan termasuk kesehatan ini, bisa membantu orang-orang seperti mereka untuk mendapatkan informasi dengan hanya berlangganan SMS," ujar Shahnaz Haque, brand Ambassador Nokia Life Tools yang juga hadir dalam acara ini.

Layanan kesehatan dari Nokia Life Tools menyediakan tips-tips kesehatan mulai dari informasi seputar kehamilan sesuai usia kehamilan, informasi seputar anak yang dapat dipersonalisasi sesuai usia, informasi seputar kesehatan dan olah raga bagi pria dan wanita, hingga informasi umum seputar kesehatan jantung, pernapasan, pencernaan, dan diabetes. Informasi-informasi kesehatan tersebut didapatkan Nokia dari kerja sama dengan Parents Guide, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, dan Gamatechno.

Layanan ini dapat digunakan selama ponsel berada dalam jangkauan selular tanpa membutuhkan langgganan GPRS. Update informasi harian didapatkan melalui SMS secara langsung ke kotak masuk Nokia Life Tools dan ditampilkan dengan format teks dan gambar yang mudah dibaca.

Layanan berlangganan ini dapat digunakan oleh pelanggan operator Telkomsel, Indosat, XL, dan Axis. Nokia Life Tools dapat diakses menggunakan beragam ponsel Nokia, diantaranya Nokia 1616, Nokia 1800, Nokia 2700, Nokia 5130, Nokia C3, Nokia X2, Nokia X2-01, dan yang terbaru adalah Nokia C2-01. Nokia C2-01 merupakan ponsel 3G terbaru dan paling terjangkau untuk akses mudah layanan Nokia Life Tools lengkap dengan fitur kamera 3,2 MP, messaging, email, chatting, internet, dan download beragam aplikasi dari Ovi Store. Ponsel 3G berbasis Series 40 ini mendukung penggunaan memory card hingga 16 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com